Kompas.com - 02/01/2021, 10:25 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar anak balita sangat suka main air ketika mandi. Terkadang, ada juga yang tidak sengaja meminumnya.

Hal ini mungkin menyebabkan beberapa orangtua khawatir. Sebab, anak balita bisa sakit karena air di bak mandi atau tempat mandi mereka bisa saja mengandung bakteri.

Namun, seorang ahli gastroenterologi anak di Children's Health di Dallas, Charina Ramirez, MD menjelaskan, bahwa itu tergantung pada tipe anak dan situasinya seperti apa.

"Jika mereka minum sedikit, tidak ada salahnya. Tetapi kalau mereka banyak minum, maka anak-anak bisa sakit atau muntah," katanya.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Penting Saat Memandikan Bayi

Meskipun sebenarnya tidak berbahaya, orangtua harus memahami beberapa hal yang ada di dalam air mandi, seperti sabun, sampo, kotoran, dan air kencing yang bisa mencemari air.

"Apa yang ada di air mandi dan berapa banyak air mandi yang ditelan membuat balita bisa mengalami sakit perut."

"Ini dapat bermanifestasi sebagai sakit perut, muntah, dan diare," ungkapnya.

Senada dengan Ramirez, seorang dokter anak yang berbasis di California dan pendiri layanan telemedis pediatrik BabiesMD.com, Rashmi Jain, MD setuju jika minum air mandi tidak akan menyebabkan keadaan darurat medis.

Selain itu, karena air kencing balita steril, jadi menelan sedikit air kencing yang diencerkan saat mandi tidak menimbulkan risiko besar.

"Mungkin apabila ada tinja di air mandi, ini bisa membahayakan kesehatan," ungkap Jain.

Halaman:
Sumber Popsugar


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.