Kompas.com - 08/01/2021, 13:40 WIB
Ilustrasi tanaman hias di rumah. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi tanaman hias di rumah.

KOMPAS.com - Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam menempatkan tanaman hias di dalam rumah. Kita bisa meletakkannya di mana saja untuk mempercantik sebuah ruangan.

Namun, jika kita ingin tanaman yang sehat, indah, dan berumur panjang, ruangan dengan sinar matahari yang cukup adalah syarat paling utama.

Semua tanaman membutuhkan cahaya, tetapi jumlahnya sangat bervariasi. Beberapa tanaman, termasuk jenis kaktus dan succulents hanya membutuhkan sinar matahari yang intensitasnya sedang.

Jenis tanaman lain yang juga membutuhkan minim cahaya antara lain english ivy, sirih gading, pakis suplir atau maidenhair fern, lidah mertua, maranta red prayer plant, dan lucky bamboo.

Cahaya terang dan tidak langsung dari jendela yang menghadap ke timur baik untuk banyak tanaman.

Baca juga: 9 Pilihan Tanaman yang Bisa Tumbuh di Cahaya Redup

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, apabila jendela kita menghadap ke barat atau selatan, kita mungkin perlu menjauhkan tanaman dari jendela dan melembutkan intensitasnya dengan tirai yang tipis.

Perlu diingat, bahwa minim cahaya bukan berarti tidak ada cahaya sama sekali. Jadi, jika kamar kita terlalu gelap, tambahkan cahaya dengan lampu tanaman yang dapat menambah suasana.

Tak hanya pencahayaan, persoalan drainase juga penting untuk semua tanaman, kecuali kita menanam tanaman air. Sebab, setiap pot harus memiliki lubang drainase di dasarnya.

Kalau kita tidak tahan dengan pot yang indah dan tidak ingin mengambil risiko untuk mengebor lubang, masukkan tanaman ke dalam wadah biasa dengan lubang drainase, lalu taruh di dalam pot yang dekoratif.

Pastikan wadah di bagian dalam tidak pernah terendam air. Terlalu banyak air yang terserap melalui lubang bisa menyebabkan tanaman membusuk.

Baca juga: 7 Jenis Tanaman yang Bikin Ruangan Terasa Lebih Sejuk

Ilustrasi meletakkan tanaman hias di dapur. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi meletakkan tanaman hias di dapur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X