Perhatikan Cara Mendidik, Anak Akan Ikuti Perilaku Orangtua

Kompas.com - 18/01/2021, 12:46 WIB
Ilustrasi ayah berselisih dengan anak bbevrenIlustrasi ayah berselisih dengan anak

KOMPAS.com - Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat meraih kesuksesan.

Salah satu kunci utama agar keinginan itu terwujud adalah pola asuh orangtua. Cara orangtua bertutur kata dan berperilaku terhadap anak sangat memengaruhi masa depannya kelak.

Sejak kecil, anak sudah memperhatikan orangtuanya. Dari situlah anak belajar banyak dan mungkin tidak disadari orangtua.

Oleh karenanya, penting bagi orangtua untuk memperhatikan perilaku dan tutur katanya. Di sisi lain, orangtua juga harus memberikan contoh yang baik pada anak.

Menurut suatu studi yang diterbitkan dalam jurnal Science, bayi tak hanya mendapatkan genetika dari orangtuanya. Bayi juga dapat menyerap sifat-sifat tertentu karena memperhatikan perilaku orangtua.

Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengatakan, bayi bisa lebih tekun dengan tugas baru setelah mengamati orang dewasa berjuang dan berhasil dengan sesuatu.

"Bayi melakukan analisis untuk mempelajari konsep atau hal-hal tentang dunia. Mereka juga menggunakan analisis itu untuk belajar dan mengubah cara berperilaku."

Demikian yang diungkap oleh Laura Schulz, ilmuwan kognitif di MIT dan penulis senior dari studi tersebut.

Baca juga: Anak Mencontoh Sikap Positif Orangtua

"Namun, kami tidak tahu seberapa banyak bayi bisa mengawasi dan menarik kesimpulan dari perilaku orang dewasa," tambahnya.

Hasil studi tersebut didapatkan setelah tim di MIT melakukan analisis terhadap 262 bayi berusia 13-18 bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X