Kompas.com - 18/01/2021, 20:54 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tren busana selalu silih berganti. Ada beberapa tren atau koleksi pakaian dan aksesoris yang sempat populer bahkan jadi booming di zamannya. Tapi, tidak semua koleksi itu bisa dipakai terus-menerus lho.

Mumpung masih awal tahun, belum terlambat bagi kamu untuk "merombak" isi lemari pakaian dan membuang outfit lama yang sudah tidak cocok lagi.

So, ini dia daftar tren pakaian atau aksesoris pria yang akan terkesan usang dan sepertinya perlu ditinggalkan di tahun 2021, melansir laman Ape To Gentleman.

1. Fast fashion

Foto dirilis Minggu (16/2/2020), memperlihatkan pekerja memilah limbah sisa kain di tempat pengepul limbah tekstil, Jakarta. Laporan dari Ellen McArthur Foundation mengatakan, industri tekstil saat ini masih menggunakan cara usang yaitu model ekonomi linier (buat-gunakan-buang) yang menghasilkan timbunan limbah dan polusi dari bisnis busana sedunia.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Foto dirilis Minggu (16/2/2020), memperlihatkan pekerja memilah limbah sisa kain di tempat pengepul limbah tekstil, Jakarta. Laporan dari Ellen McArthur Foundation mengatakan, industri tekstil saat ini masih menggunakan cara usang yaitu model ekonomi linier (buat-gunakan-buang) yang menghasilkan timbunan limbah dan polusi dari bisnis busana sedunia.
Pakaian yang diproduksi ala kadarnya dan dibanderol dengan harga murah cenderung dapat ditemukan di toko-toko streetwear.

Nah, biasanya pakaian tersebut adalah produk fesyen cepat atau fast fashion, yang masa pakainya terbilang pendek dan tidak tahan lama.

Jika produk fast fashion sudah tidak bisa lagi dipakai, maka produk itu akan cepat dibuang, menumpuk menjadi sampah, dan berdampak terhadap kelestarian bumi.

Nah di tahun 2021 ini, jangan terlalu konsumtif saat membeli pakaian hanya karena modelnya menarik atau kekinian.

Pastikan pakaian atau outfit yang dibeli bisa digunakan jangka panjang. Lakukan riset sebelum membeli pakaian, dan utamakan kualitas ketimbang tren.

Baca juga: Fast Fashion, Tren Mode yang Lestarikan Sifat Konsumtif?

2. Tidak memakai kaus kaki (sockless)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.