BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Bisa Jadi Kenangan Manis, Ini 4 Cara Unik Mengabadikan Momen Bareng Sahabat

Kompas.com - 20/01/2021, 13:29 WIB
Ilustrasi mengabadikan momen bersama sahabat OppoIlustrasi mengabadikan momen bersama sahabat

KOMPAS.com – Hari itu, Im Na-mi berkunjung ke rumah sakit untuk menjenguk mertuanya. Tanpa sengaja, ia malah bertemu sahabat lamanya, Ha Chun-hwa yang tengah dirawat di rumah sakit tersebut.

Rupanya, Chun-hwa menderita sakit kanker dan kini hidup seorang diri. Di tengah rasa kesepian, Chun-hwa memanfaatkan kesempatan itu dengan meminta Na-mi untuk mengumpulkan dan mempertemukan dirinya dengan sahabat-sahabat mereka semasa sekolah dahulu.

Meskipun ragu, Na-mi menyetujui permintaan sahabatnya tersebut. Dalam perjalanan menemukan sahabat-sahabatnya itu, Na-mi kembali mengingat keseruan kisah persahabatannya bersama geng mereka yang diberi nama Sunny.

Di masanya, persahabatan geng Sunny terjalin solid dan seru. Bahkan, mereka pernah terlibat perkelahian dengan geng perempuan dari sekolah lain.

Bagi kamu yang sudah pernah menonton film Sunny (2011), pasti akrab dengan kisah persahabatan di atas. Meskipun sempat terpisah dan kehilangan kontak selama bertahun-tahun, mereka bisa kembali bertemu dan berteman seperti dulu.

Penggambaran persahabatan dalam film itu mengingatkan bahwa sahabat merupakan sosok yang berharga dalam hidup seseorang karena selalu menemani hampir di setiap momen, mulai dari momen bahagia, seru, hingga sedih. Namun, momen-momen yang dilakukan bersama sahabat itu bisa saja dilupakan seiring perjalanan waktu dan kesibukan masing-masing.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, momen tersebut belum tentu dapat terulang lagi. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengabadikan setiap momen atau cerita seru bersama sahabat.

Selain sebagai kenang-kenangan, mengabadikan momen bersama sahabat ke dalam sebuah media juga bisa menjadi pengingat untuk mensyukuri persahabatan yang dimiliki.

Kompas.com telah merangkum beberapa ide atau cara unik untuk mengabadikan momen-momen berharga bersama sahabat. Berikut ulasannya.

Membuat scrapbook

Scrapbook merupakan kerajinan tangan dengan memanfaatkan buku kosong yang diisi berbagai macam gambar dan tulisan dengan penataan menarik.

Setiap scrapbook biasanya dibuat berdasarkan tema-tema tertentu. Misalnya, scrapbook bertema liburan ke luar kota bersama sahabat, acara ulang tahun, atau momen-momen seru lainnya.

Untuk menghias scrapbook, kamu bisa memanfaatkan foto-foto, stiker, washi tape, pita, tiket bioskop, pita, hingga potongan tiket konser. Agar lebih lengkap dan berkesan, kamu juga bisa menambahkan tulisan untuk mengungkapkan kesan atau perasaan dari setiap momen yang diabadikan dalam scrapbook.

Menyimpan barang kenangan dalam kotak khusus

Punya banyak barang kenangan atau kado dari sahabat? Daripada tercecer dan hilang, kamu bisa mengumpulkan dan menaruhnya di satu kotak khusus, layaknya kotak harta karun.

Di dalam kotak tersebut, kamu bisa menyimpan benda apa saja yang dianggap berharga, seperti kado ulang tahun, surat, foto, hingga oleh-oleh yang dibeli saat liburan bersama.

Ilustrasi menghabiskan waktu bersama sahabat Oppo Ilustrasi menghabiskan waktu bersama sahabat

Biar lebih seru, kamu juga bisa menaruh barang milik sahabat dalam kotak yang sama. Jadi, setiap membuka dan melihat-lihat kembali benda-benda yang ada di dalam kotak tersebut, kamu dan sahabat bisa bernostalgia dan mengingat keseruan cerita di balik setiap benda.

Saling berkirim surat

Meskipun saat ini aplikasi chatting sudah memudahkan proses komunikasi dengan orang lain, berkirim pesan lewat surat bisa menjadi cara unik untuk berbagi cerita dengan sahabat.

Selain dapat disimpan untuk waktu yang lama, surat yang ditulis tangan juga lebih bermakna. Hal ini berarti si penulis bersedia meluangkan usaha, waktu, dan perhatian yang lebih banyak untuk bercerita.

Isi surat yang dibuat pun tidak terbatas topiknya. Bisa bercerita tentang salah satu kejadian seru, lucu, atau memalukan bersama sahabat, pesan atau harapan yang ingin kamu sampaikan, hingga rahasia yang sulit disampaikan ketika mengobrol langsung.

Ceritakan petualangan seru lewat video

Dengan teknologi yang semakin canggih, mengabadikan momen bersama sahabat juga semakin mudah. Salah satu teknologi yang bisa kamu manfaatkan adalah fitur video dalam smartphone.

Video dapat menyimpan kenangan sebuah momen dengan lebih nyata karena selain merekam gambar, suara, suasana, dan setiap detail gerakan ikut terekam.

Kamu pun bisa dengan bebas merekam apa saja dalam bentuk video. Contohnya, ketika sahabat melontarkan candaan atau ketika kamu melakukan hal konyol bersama.

Biar video kenangan dengan sahabat lebih keren dan artistik, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur video menarik yang tersedia di smartphone.

Misalnya, menggunakan fitur AI Mixed Portrait milik Oppo Reno5. Fitur berbasis artificial intelligence (AI) ini dapat menggabungkan dua video sekaligus, yakni video yang berjalan pada latar belakang dengan video portrait.

Hasil penggunaan fitur AI Mixed Portrait di Oppo Reno5 Oppo Hasil penggunaan fitur AI Mixed Portrait di Oppo Reno5

Ada dua mode artistik yang dapat dipilih, yakni mode blend dan siluet. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu tinggal memilih mode AI Mixed Portrait di aplikasi kamera. Lalu, rekam video latar belakang dan video dengan obyek manusia.

Setelah itu Oppo Reno5 akan langsung menggabungkan kedua video tersebut menjadi sebuah video berdurasi 15 detik. Hasilnya, kamu akan mendapatkan video artistik dengan efek double exposure dengan mudah.

Misalnya, kamu ingin membuat video dance cover bersama sahabat dengan efek tersebut. Kamu bisa merekam video menari sebagai latar belakang dan video yang menunjukkan ekspresi sebagai portrait.

Kemudian, ada Dual-view Video. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan dalam satu frame. Dengan begitu, pengguna tidak perlu takut kehilangan momen berharga.

Terakhir, ada fitur AI Highlight Video yang memiliki dua algoritma kecerdasan buatan, yaitu Ultra Night Video dan Live High Dynamic Range (HDR). Fitur ini mampu mendeteksi kondisi cahaya sekitar obyek kemudian menerapkan algoritma yang sesuai.

Algoritma Ultra Night Video akan diterapkan dalam kondisi minim cahaya sehingga video yang dihasilkan terlihat cerah, tajam, dan alami.

Sementara, algoritma Live HDR akan aktif saat latar belakang memiliki cahaya kuat. Live HDR akan menjaga area cerah pada gambar agar tidak terlalu terang sekaligus mempertahankan detail di area yang lebih gelap.

Jadi, saat merekam momen liburan bersama sahabat ke pantai, gunung, atau tempat-tempat dengan kondisi pencahayaan tidak menentu, kamu tidak perlu takut video yang dihasilkan kurang maksimal. Sebab, fitur AI AI Highlight Video akan memastikan video tetap jernih di segala kondisi pencahayaan.

Oppo Reno5 dengan fitur videografi trendi yang dirancang untuk mendukung anak muda berekspresiOppo Oppo Reno5 dengan fitur videografi trendi yang dirancang untuk mendukung anak muda berekspresi

Selain fitur videografi, Oppo Reno5 juga didukung dengan sederet fitur lain untuk menunjang aktivitas pengguna. Dari sisi layar, smartphone ini menggunakan teknologi AMOLED dengan bentang diagonal 6,4 inci dan refresh rate 90 Hz untuk visual yang halus dan responsif.

Ada juga fitur Near-Field-Communication (NFC) yang mendukung aktivitas pembayaran digital dan fitur 50W Flash Charging yang memungkinkan baterai terisi hingga 100 persen dalam waktu 48 menit.

Kehadiran Oppo Reno5 menyempurnakan seri pendahulunya, Reno4, karena didukung dengan fitur dan teknologi yang lebih lengkap. Selain fitur fotografi unik, Reno5 dibekali dengan fitur videografi canggih dan trendi yang dirancang untuk anak muda sebagai wadah untuk berekspresi.

Sebagai informasi, Oppo Reno5 memiliki dua pilihan warna, yakni Fantasy Silver dan Starry Black. Bagi kamu yang tertarik memilikinya bisa mengikuti program pre-order di e-commerce Shopee pada 13-21 Januari 2020 dengan harga Rp 4.999.000.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo Reno5, silakan kunjungi website dan media sosial Oppo Indonesia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya