Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2021, 15:11 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber The Klog

KOMPAS.com— Cita-cita mendapatkan kulit yang sehat, mulus, dan bebas kerutan, berarti kita harus menjalani serangkaian rutinitas perawatan kulit. Namun, kedisiplinan itu biasanya hanya berlangsung tak lebih dari dua minggu. Setelahnya kita menjadi malas menjalani tahapan rutinitas skin care dan malah terasa terbebani.

Sebenarnya, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan agar kamu bisa berhasil menjalani rutinitas perawatan kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah tips supaya konsisten menjalani rutinitas perawatan kulit menurut para ahli:

Baca juga: Cara Memilih Bahan Skin Care Sesuai Tipe Kulit, Sudah Tahu?

1. Bangun fondasi sederhana

Salah satu cara terbaik untuk memastikan keberhasilan sebuah resolusi adalah dengan memulai dari yang kecil dan praktis.

Bicara tentang skin care, artinya kamu harus membangun rutinitas yang terdiri dari hal-hal mendasar, yakni pembersih wajah, toner, pelembab, dan tabir surya. Gunakan keempatnya di pagi hari, dan tiga yang pertama setiap malam.

“Ini seperti membangun fondasi berkualitas untuk rumah. Membiasakan diri dengan rutinitas perawatan kulit tidak harus rumit!” kata Dr. Scott Paviol, seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri Paviol Dermatology.

Mungkin kamu membutuhkan beberapa kali percobaan untuk menemukan produk yang tepat. Namun dengan awal sederhana ini, kamu akan terbiasa saat nanti harus menambah produk yang lebih rumit lagi.

Mungkin perlu beberapa saat untuk menemukan produk andalan yang pengaruhnya pada kulit nyata terlihat. Ingatlah untuk membuat semuanya tetap sederhana. Melakukan hal sebaliknya dapat membuat kamu merasa kewalahan dan akhirnya tak menjalankannya.

Baca juga: Pakai Skin Care Berbeda-beda Merek Bisa Berbahaya, Apa Alasannya?

2. Teratur

Setelah menentukan produk mana yang cocok untk jenis kulit, biasakan untuk menggunakannya secara teratur.

"Konsisten dengan rejimen akan menciptakan kebiasaan dan kamu juga akan melihat hasilnya di kulitmu,” kata Dr. Anna Guanche, dokter kulit bersertifikat di Calabasas, California,

Anna merekomendasikan untuk mengatur alarm dua kali sehari di ponsel, dan juga menyimpan item perawatan kulit di tempat yang sering dikunjungi. Misalnya, kamu bisa menyimpan beberapa produk di kamar mandi, di samping pasta gigi, atau bahkan di meja samping tempat tidur.

Baca juga: Mengapa Bulu Mata Perlu Dirawat dengan Serum

 

IlustrasiPexels Ilustrasi

Semakin mudah dijangkau, semakin kamu ingat untuk menggunakannya secara teratur yang lantas menjadi rutinitas.

3. Tingkatkan

Halaman:
Sumber The Klog
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com