Kompas.com - 27/01/2021, 08:34 WIB
Ilustrasi yoga petrenkodIlustrasi yoga

KOMPAS.com - Melakukan peregangan sangat baik bagi tubuh, terutama bila dilakukan dengan teratur. Namun, para ahli berpendapat bahwa peregangan akan lebih baik jika dilakukan di pagi hari.

Terkait hal ini, pakar kebugaran selebriti Ridge Davis mengatakan, bahwa peregangan sangat baik untuk melepaskan semua ketegangan pada tubuh.

Gerakan dan olah tubuh yang ada dalam peregangan juga bisa memberikan manfaat lebih bagi tubuh.

“Olahraga membantu membangun daya tahan dan kemampuan untuk menangani stres. Semakin sedikit stres yang kamu rasakan, semakin banyak energi yang bisa digunakan untuk (melewati) hari,” ujar Davis.

Untuk bekal melewati hari, ada baiknya kamu melakukan peregangan di pagi hari.

Baca juga: 6 Gerakan Peregangan Wajib Seusai Bangun Tidur

 

Magdalena Cadet, seorang ahli reumatologi bersertifikat di NYU Langone mengatakan, menjadi aktif akan berdampak besar bagi kesehatan mental karena dapat meningkatkan kejernihan mental dan penilaian kita terhadap sesuatu.

“Olahraga membantu tubuh menghasilkan bahan kimia perasaan-baik (endorfin) yang dapat merangsang bagian otak, membantu mengalihkan perhatian seseorang dari kecemasan serta membangun kepercayaan diri,” ujar Cadet.

Selain meningkatkan energi dan mengurangi stres, olahraga pagi juga bermanfaat bagi banyak fungsi internal dan eksternal tubuh, seperti meningkatkan metabolisme.

“Olahraga pagi yang konsisten juga dapat meningkatkan kualitas tidur,” imbuh Cadet.

“Ada penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari dapat mengubah jam tubuh seseorang sehingga lebih waspada di dini hari, yang dapat meningkatkan kualitas tidur,” imbuhnya Cadet.

Halaman:


Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X