Kompas.com - 19/02/2021, 06:06 WIB
Ilustrasi berkebun DragonImagesIlustrasi berkebun

KOMPAS.com - Pandemi yang masih terus berlangsung hingga saat ini telah membuat banyak orang merasa terisolasi dan cemas.

Salah satu cara mengelola emosi negatif tersebut adalah dengan melakukan hobi. Namun, beberapa orang tetap masih diliputi rasa cemas walau sudah melakukan hal-hal yang disukai.

Bila kondisinya demikian, sudah waktunya mencari hobi baru untuk mengalihkan perhatian. Akan tetapi, menemukan hobi baru bukanlah hal mudah.

Hobi perlu disesuaikan dengan tipe kepribadian, kekuatan, dan minat seseorang. Namun, tak ada salahnya memilih hobi yang bisa membantu meningkatkan karier.

Berikut delapan jenis hobi yang bisa mendatangkan kesuksesan.

1. Bermain teka-teki

ilustrasi teka-teki silanganaimd ilustrasi teka-teki silang
Memecahkan teka-teki silang, teka-teki, dan permainan angka seperti Sudoku sangat bagus untuk membantu kembali memfokuskan pikiran, melatih otak, dan mencegah penurunan kognitif.

Teka-teki dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, memori, perhatian terhadap detail, dan produktivitas

Selain itu, bermain teka-teki dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati secara umum.

Baca juga: Selain Teka-teki Silang, Ini Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Otak

2. Berkebun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X