5 Cara Orang Sukses Atasi Kelelahan Fisik dan Emosional

Kompas.com - 19/02/2021, 17:24 WIB
Ilustrasi burrnout atau kelelahan fisik dan emosional. SHUTTERSTOCKIlustrasi burrnout atau kelelahan fisik dan emosional.

KOMPAS.com - Kelelahan dapat memengaruhi kinerja seseorang saat menjalani aktivitas hariannya. Sayangnya, tak sedikit orang yang kerap mengabaikan rasa lelah fisik atau emosional yang dirasakan, atau sering pula disebut dengan istilah " burnout".

Burnout syndrome atau sindrom burnout adalah kondisi kelelahan fisik maupun emosional yang bisa terjadi di tengah rutinitas kerja dan mengganggu produktivitas seseorang.

Survei Gallup yang dilakukan belum lama ini, misalnya, menemukan bahwa para guru dan perawat adalah profesional yang mengalami stres paling tinggi.

Ini pada kenyataannya tidak hanya memengaruhi kinerja dan menjauhkan seseorang dari meraih sukses, tetapi juga bisa berdampak pada orang lain.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Kenali Burnout karena Pekerjaan dan Pencegahannya

Misalnya, dalam kasus guru yang mengalami stres. Forbes menuliskan bahwa guru yang mengalami stres cenderung lebih banyak memberikan nilai buruk pada murid-muridnya, dan dampak berbeda juga bisa dirasakan pada profesi lain.

Meski situasi ini tidak menyenangkan, namun burnout bisa dicegah.

Ilmu perilaku menyebutkan setidaknya ada lima cara yang dilakukan para orang sukses ketika menangani burnout, antara lain:

1. Menerima bahwa mereka mengalami burnout
Banyak orang tidak mau mengakui bahwa dirinya burnout.

Mungkin saja kamu memang hanya mengalami kelelahan biasa. Namun, jika kamu masih merasa kelelahan, bahkan setelah liburan panjang, serta merasa kurang produktif dan mudah cranky, maka bisa saja kamu mengalami burnout.

Memercayai bahwa dirimu bisa selalu dalam performa terbaik dan segala hal akan jatuh jika kamu tidak ada, itu adalah sikap terlalu percaya diri.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X