Kompas.com - 04/03/2021, 08:08 WIB
Ilustrasi kertas minyak shutterstockIlustrasi kertas minyak

KOMPAS.com – Memahami jenis kulit wajahmu menjadi salah satu tahapan penting sebelum menentukan perawatan kulit yang tepat.

Praktisi kesehatan kulit, dr. Yessica Tania atau kerap dipanggil dr. Zie berbagi tips sederhana untuk menentukan jenis kulit wajahmu.

“Sebenarnya cara yang paling akurat adalah konsultasi ke dokter kulit, tapi kita bisa melakukan screening awal sendiri di rumah dengan menggunakan kertas minyak”, kata dr. Zie saat menjadi narasumber di program IG Live Kind of Talks di Instagram @my.kindoflife, Kamis (11/2/2021).

Sebelum menggunakan kertas minyak, dr. Zie menyarankan untuk mencuci wajah dengan menggunakan sabun. Setelah itu keringkan dan tidak menggunakan apa-apa dulu di wajah selama kurang lebih 1 jam.

“Setelah satu jam didiamkan ambil kertas minyak dan tempelkan pada beberapa bagian wajah yaitu di dahi, pipi, hidung, dan dagu," ujarnya.

Nah, jika kulitmu berjenis normal, biasanya yang tampak berminyak hanya di area hidung dan dagu. Jika jenis kombinasi, biasanya berminyak pada dahi, hidung, dagu dan pipi bagian tengah.

Wanita yang juga kerap memberikan edukasi kesehatan kulit di sosial media sejak Maret 2020 ini menambahkan, jika kulitmu jenis berminyak bisa dilihat dari perubahan warna pada seluruh kertas minyaknya, sedangkan jenis kulit kering hanya berminyak di area hidung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari screening awal ini kamu bisa mulai berkonsultasi dengan dokter kulit dan menentukan jenis skin care yang seperti apa yang cocok untuk kulit wajahmu.

Baca juga: Tiga Langkah Mudah Mengetahui Jenis Kulit

Tips mengurangi minyak pada wajah

Selain itu dr. Zie juga berbagi tips bagaimana mengurangi minyak pada wajah. Menurutnya minyak berlebih pada wajah justru disebabkan mencuci wajah dengan sabun secara berlebihan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.