Kompas.com - 04/03/2021, 11:03 WIB
Ilustrasi garam meja. PIXABAY/ BRUNO/GERMANYIlustrasi garam meja.

KOMPAS.com - Pola diet Tya Ariestya tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Meski banyak orang yang berhasil menurunkan bobot tubuh karena mengikuti pola diet aktris yang pernah menjadi atlet taekwondo itu, namun ada beberapa saran diet yang dianggap tidak tepat.

Salah satunya adalah garam yang boleh dikonsumsi secara bebas.

Padahal, Kementerian Kesehatan RI sudah mengeluarkan pedoman konsumsi gula, garam dan lemak, di mana konsumsi garam harian hanya boleh satu sendok teh atau setara 2.000 miligram natrium.

Berikut sejumlah dampak yang terjadi pada tubuh jika kita terlalu banyak mengonsumsi garam, seperti dirangkum dari sejumlah pemberitaan Kompas.com:

1. Kerja ginjal terganggu

Ginjal menyaring lebih dari 120 liter darah setiap harinya.

Organ ini juga berfungsi untuk menarik racun dan cairan yang tidak diinginkan dari sel-sel di seluruh tubuh, kemudian mengirimnya ke kandung kemih untuk dibuang melalui urine.

Konsumsi garam berlebih dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan cairan.

Akibatnya, cairan bisa menumpuk dan meningkatkan tekanan darah. Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa memicu penyakit gagal ginjal.

Baca juga: Waspada, 9 Kebiasaan Kecil Berikut Bisa Merusak Ginjal

2. Tekanan darah tinggi

Konsumsi makanan tinggi garam dalam jangka waktu lama bisa memicu sejumlah masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Halaman:


Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X