Kompas.com - 04/03/2021, 18:46 WIB
Salah satu perawatan masalah acne di MS Glow. KOMPAS.com/RENI SUSANTISalah satu perawatan masalah acne di MS Glow.

BANDUNG, KOMPAS.com – Selama pandemic Covid-19, sebagian orang menjadi lebih banyak beraktivitas di rumah.

Namun anehnya, meski jarang bepergian mereka justru berjerawat atau mengalami masalah kulit lainnya.

Ternyata, kebanyakan pasien yang datang ke klinik kecantikan mengeluhkan munculnya jerawat akibat mengenakan masker.

“Banyak yang mengeluhkan mask acne,” ujar dokter spesialis kulit MS Glow Aesthetic Clinic, dr Rini Hastuti Sp.kk di Bandung, Kamis (4/3/2020).

Ada beberapa pasien yang sebelumnya tidak pernah jerawatan, kini timbul jerawat. Munculnya jerawat itu terutama di kulit wajah yang mengenakan masker.

Hal ini salah satunya disebabkan perilaku kerap menaik turunkan masker. Ketika seseorang menaik turunkan masker, ada kuman yang menempel ke kulit.

Kuman ini kemudian masuk ke pori-pori dan berubah menjadi jerawat. Karena itu, dr Rini menyarankan untuk tidak melepas masker ketika ke luar rumah, kecuali saat makan.

Ketika ditanya, apakah ada jenis masker yang memicu jerawat, Rini mengungkapkan tidak ada. Semua jenis masker sama potensinya dalam memunculkan jerawat.

Untuk menanganinya, hal paling penting dilakukan adalah menjaga kebersihan, termasuk jangan terlalu sering naik turunkan masker.

Jika jerawatnya ringan, perawatannya cukup dengan menggunakan skincare di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X