Kompas.com - 08/03/2021, 10:56 WIB
Ilustrasi golongan darah Ilustrasi golongan darah
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain sistem imun yang rendah, ada beberapa faktor yang dapat memicu seseorang rentan terinfeksi Covid-19. Salah satunya adalah golongan darah.

Sebuah studi baru memberikan bukti lebih lanjut bahwa orang dengan golongan darah tertentu lebih mungkin tertular Covid-19.

Sebab, virus SARS-CoV-2 secara khusus ditemukan tertarik antigen golongan darah A yang terdapat pada sel pernapasan.

Para peneliti berfokus pada protein di permukaan virus SARS-CoV-2 yang disebut reseptor binding domain (RBD) sebagai bagian dari virus yang menempel pada sel inang.

Itu menjadikannya target penting bagi para ilmuwan yang mencoba mempelajari bagaimana virus menginfeksi manusia.

Dalam studi laboratorium ini, tim menilai bagaimana RBD SARS-CoV-2 berinteraksi dengan sel darah merah dan pernapasan dalam golongan darah A, B, maupun O.

Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa RBD SARS-CoV-2 memiliki preferensi kuat untuk mengikat golongan darah A yang ditemukan pada sel pernapasan.

Tetapi pada golongan darah lain yang ditemukan pada sel penapasan atau sel darah merah, RBD SARS-CoV-2 tidak memiliki preferensi seperti pada golongan darah A.

Baca juga: Studi: Pemilik Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona

Menurut penulis jurnal Blood Advances yang diterbitkan pada 3 Maret lalu, preferensi RBD SARS-CoV-2 mengenali dan menempel antigen golongan darah A yang ditemukan di paru-paru orang dengan golongan darah A.

Sehingga hal tersebut dapat memberikan wawasan tentang hubungan potensial antara golongan darah A dan infeksi Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X