Kompas.com - 14/03/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi kucing belang tiga atau calico. PIXABAY/HEUNGSOONIlustrasi kucing belang tiga atau calico.

KOMPAS.com - Kucing dikenal suka memeluk pemiliknya sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dan bahkan menandakan kenyamanan.

Namun, ketika berbicara tentang kucing yang menyuarakan perasaannya dengan sesama kucing, itu sedikit lebih sulit untuk diuraikan.

Baca juga: 5 Cara Rumahan yang Ampuh Membasmi Kutu Kucing

"Saya merasa ini adalah isyarat (seperti mengeong) yang paling sering terlihat pada kucing yang telah bersosialisasi dengan kucing lain, hewan peliharaan, atau dengan manusia."

Demikian penjelasan Dr. Yolanda A. Markley, DVM, dokter hewan rekanan di Rumah Sakit Hewan Banfield.

"Kucing dapat mengalami berbagai interaksi di mana dia mampu menentukan apa yang membuatnya nyaman dan apa tidak nyaman," lanjut dia.

Medical Director of Behavior Vets di New York, Dr Andrea Y. Tu, DVM, menjelaskan, apabila kita ingin kucing-kucing di rumah lebih banyak berkomunikasi, yang terbaik adalah mempermudah prosesnya.

Baca juga: Inilah Alasan Kucing Suka Menggaruk dan Cara Mencegahnya

Misalnya, dengan membiasakan aroma satu sama lain atau memperkenalkan kucing melalui pembatas untuk membangun kesamaan.

Jika kita hanya ingin tahu apa arti sinyal komunikasi kucing ketika melihatnya berinteraksi, maka harus terus memantaunya.

Nah, berikut ini ada beberapa isyarat yang umum digunakan oleh kucing-kucing dalam berkomunikasi dan memberi tahu perasaannya.

1. Mengeong

Dokter Tu mengungkapkan, kucing dewasa biasanya tidak berkomunikasi dalam spektrum pendengaran yang bisa kita dengar, atau berada dalam spektrum ultrasonik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X