Kompas.com - 18/03/2021, 14:46 WIB
Ilustrasi lemon. PIXABAY/STEVEPBIlustrasi lemon.

KOMPAS.com - Pastikan membeli lemon yang segar dan berkualitas jika ingin mengolahnya menjadi minuman kesehatan.

Konsumsi air lemon secara rutin memberikan efek positif pada tubuh. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, asam folat dan berbagai nutrisi baik lainnya.

Para ahli berpendapat jika buah ini dapat membantu menurunkan berat badan, membantu pencernaan dan mengurangi penuaan.

Karena itu, tak ada salahnya memasukkan lemon dalam salah satu buah favorit. Hanya saja, buah ini masih jarang ditanam sendiri di rumah. 

Kita masih harus membelinya di toko buah atau pasar untuk konsumsi harian. Tantangannya adalah memilih buah lemon yang segar dengan kandungan air yang banyak.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Minum Air Lemon Hangat Sebelum Tidur

Apalagi kadangkala ada pedagang yang nakal menjual lemon berkualitas buruk. Agar tak kecewa, ada 3 cara yang bisa diaplikasikan saat memilih lemon di pasar antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Perhatikan warnanya

Saat membeli lemon, pilih buah dengan warna kulit yang cerah. Hindari lemon yang memiliki bercak warna lainnya di bagian kulitnya.

Selain itu, perhatikan apakah terdapat bintik di kulit buah dengan rasa asam itu. Lemon yang berwarna kuning pucat biasanya sudah tua dan memiliki kadar air rendah.

Selain itu, bercak di bagian kulit bisa menjadi pertanda jika buah di dalamya masih terlalu muda atau bahkan sudah busuk.

Baca juga: Inilah Manfaat Konsumsi Jus Jeruk bagi Kesehatan

  • Cek tekstur kulitnya

Pilih lemon dengan kulit yang mulus, kencang sekaligus terasa lembut. Lemon yang terasa lembek dan kasar berarti sudah lama dan kualitasnya memburuk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.