Kompas.com - 25/03/2021, 08:55 WIB
Ilustrasi kelas olahraga di pusat kebugaran. UNSPLASH/GEERT PIETERSIlustrasi kelas olahraga di pusat kebugaran.

KOMPAS.com - Mobilitas dan fleksibilitas merupakan dua aspek terpenting dalam mencapai kebugaran tubuh. Namun, biasanya orang hanya fokus pada latihan fleksibilitas saja.

Kedua hal itu memang agak sedikit mirip, tetapi fokus latihannya sebenarnya berbeda.

Mobilitas adalah kemampuan sendi untuk bergerak bebas melalui berbagai gerakan tanpa rasa sakit dan tidak nyaman.  Sedangkan fleksibilitas adalah kemampuan otot memanjang sepenuhnya.

Lalu, apalagi yang membedakan keduanya? Kamu bisa melihat secara jelas bedanya ketika mengikuti kelas yoga. Apabila ketika dalam satu posisi tertentu kamu gemetar dan muka memerah menahan gerakan, kemungkinan besar kamu kurang fleksibel.

Sementara itu, jika kamu agak sulit melakukan latihan squat secara mendalam, itu artinya kemampuan mobilitas terbatas.

Kurang terasahnya kedua kemampuan ini dapat menghambat gerakan dan kemampuan atletik. Jadi, jika kamu ingin melatih mobilitas dan fleksibilitas, mulailah memperhatikan berbagai gerakan ketika berolahraga, dan secara aktif terus meningkatkannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jangan melupakan sesi pemanasan dan pendinginan. Peregangan dinamis (sebelum latihan) dan peregangan statis (setelah latihan) sangat efektif untuk meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas.

Tentu pemanasan dan pendinginan juga akan mencegah kita mengalami cedera yang bisa saja terjadi.

Baca juga: Mengenal Peregangan Brettzel yang Bermanfaat untuk Mobilitas Tubuh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.