Kompas.com - 12/04/2021, 15:10 WIB
Penderita Covid-19 dan infeksi akut lainnya tidak dianjurkan untuk berpuasa. FREEPIKPenderita Covid-19 dan infeksi akut lainnya tidak dianjurkan untuk berpuasa.

KOMPAS.com - Tahun ini adalah tahun kedua puasa Ramadhan dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19.

Sejumlah umat Islam mungkin sedang berjuang melawan infeksi Covid-19 namun begitu menantikan ibadah di bulan suci.

Dari segi kesehatan, bolehkah penderita Covid-19 berpuasa?

Terkait hal tersebut, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menjelaskan, siapapun yang sedang mengalami infeksi akut tidak dianjurkan untuk berpuasa, termasuk jika terinfeksi Covid-19.

"Prinsipnya kalau kita sedang terinfeksi akut, apapun, baik itu demam, batuk pilek, tifus, demam berdarah, termasuk Covid-19 walaupun gejalanya ringan, itu memang tidak dianjurkan untuk berpuasa."

Demikian diungkapkan oleh Ari dalam seminar awam dan media bertajuk "Tips Sehat Puasa ala Guru Besar FKUI", Senin (12/4/2021).

Baca juga: Amankah Penderita Diabetes Makan Kurma Saat Buka Puasa?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjelaskan, di dalam tubuh seseorang yang sedang mengalami infeksi akut sedang terjadi perlawanan terhadap infeksi yang terjadi.

Oleh karena itu, orang tersebut perlu menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik, termasuk menjaga asupan cairan dan makanan.

"Kalau puasa kan 14 jam mesti stop tidak minum. Kemudian (penderita infeksi akut) juga butuh makan secara rutin setiap enam hingga delapan jam," ucapnya.

Bagaimana dengan orang-orang yang terinfeksi Covid-19 namun tidak mengalami gejala?

Menurut Ari, penderita Covid-19 tanpa gejala masih diperbolehkan berpuasa.

Namun, jika tiba-tiba muncul gejala ketika berpuasa, misalnya suhu tubuh naik di atas 37,5 derajat Celcius, maka puasa harus dibatalkan.

Baca juga: Niat Puasa Ramadhan Sambil Diet? Boleh Asal Caranya Tepat

"Kalau tidak ada gejala silakan tapi tetap diobservasi," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X