Kompas.com - 13/04/2021, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Menyusun menu dan menyiapkan makanan untuk berbuka maupun sahur menjadi kesenangan tersendiri bagi beberapa orang.

Tapi, jangan sampai asal memilih makanan. Nutrisi dari makanan sangat penting untuk menunjang kesehatan agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Saat sahur disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih lambat dicerna supaya energi tubuh tetap terjaga sepanjang hari.

Jangan sampai melewatkan sahur karena lebih mungkin merasa lapar di siang hari dan tergoda untuk membatalkan puasa.

Konsumsi makanan dalam jumlah sedang saat sahur. Selain itu, pilihlah makanan yang kaya tinggi cairan dan serat.

Jenis makanan ini dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dan membuat perut kenyang. Berikut pilihan makanan untuk sahur.

Baca juga: Menu Sahur untuk Jaga Energi Saat Puasa

1. Oatmeal

Makanan yang satu ini mengandung cairan dan karbohidrat sehingga memberi energi yang cukup untuk berpuasa. Tambahkan biji-bijian, buah-buahan, atau karbohidrat ekstra ke oatmeal.

2. Sereal

Sereal berserat tinggi juga bisa menjadi pilihan saat sahur. Tambahkan susu yang mengandung kalsium dan vitamin B. Bisa juga tambahkan yoghurt dan buah-buahan untuk dikonsumsi bersama sereal.

Baca juga: Resep Udang Goreng Oatmeal, Lebih Renyah dan Gurih

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.