Kompas.com - 15/04/2021, 11:22 WIB
Hublot Big Bang Unico Yellow Magic HublotHublot Big Bang Unico Yellow Magic
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Walau kuning adalah warna yang banyak kita temui di alam, tetapi ini adalah warna yang sangat sulit diproduksi pada bahan seperti keramik.

Namun kesulitan pembuatan itu justru mendorong produsen jam tangan Hublot untuk menjadikannya bahan bagi arloji terbarunya.

Hublot Big Bang Unico Yellow MagicHublot Hublot Big Bang Unico Yellow Magic
Dengan semboyan "Be the first, be unique, be different", Hublot memang selalu mencoba memunculkan bahan baru dalam pembuatan jam tangannya, tidak terkecuali seri Big Bang Unico Yellow Magic.

Bagian yang menarik di sini adalah jam tangan itu terbuat dari keramik. Bahan yang tadinya dianggap kuno tersebut sekarang menjadi andalan dalam pembuatan jam karena sifatnya yang tangguh, ringan, antimagnetik, tahan air dan bahan kimia, serta tidak luntur.

Secara tradisional, keramik berwarna sulit diproduksi, karena proses pembuatannya membutuhkan temperatur tinggi. Panas cenderung merusak pigmen, dan itulah sebabnya keramik hitam dan putih menjadi jenis yang paling umum.

Sedangkan membuat keramik berwarna kuning dengan cara konvensional hanya akan menghasilkan warna pucat yang mengecewakan.

Untuk mengatasinya, Hublot menurunkan suhu pembuatan keramik namun mengimbangi dengan tekanan tinggi. Dengan cara itu, jam tangan keramik kuning cerah hadir di hadapan kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Raphael Nussbaumer, Chief Product & Purchasing Officer Hublot dalam acara virtual Selasa (13/4/2021) mengatakan bahwa keramik baru ini dikembangkan selama empat tahun untuk menciptakan pigmen kuning yang benar-benar cerah.

Hasil akhirnya tidak hanya menciptakan pigmen kuning yang menyala, tetapi juga jauh lebih keras daripada bahan casing keramik tradisional, dengan kekerasan keseluruhan 1350 HV (keramik casing biasa memiliki kekerasan 1200 HV).

Baca juga: Magic Gold, Jam Tangan Berbahan Campuran Emas dan Keramik dari Hublot

Hublot Big Bang Unico Yellow MagicHublot Hublot Big Bang Unico Yellow Magic
"Saat kami berhasil membuat jam tangan keramik merah cerah tahun 2018, bisa dikatakan bahwa hampir semua warna lain bisa dibuat," kata CEO Hublot, Ricardo Guadalupe, dalam sebuah pernyataan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.