Kompas.com - 15/04/2021, 20:03 WIB
Ilustrasi parfum, menyemprotkan parfum. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi parfum, menyemprotkan parfum.

KOMPAS.com - Meskipun wewangian dapat menjelaskan banyak hal tentang kepribadian kita, namun memilih aroma yang tepat terkadang sangatlah rumit.

Karena itu, harga parfum dapat sangat bervariasi, dan memang ada perbedaan antara wewangian yang murah dan mahal.

Menurut ahli parfum dan pendiri Eat. Sweat. Undress, Alexia P. Hammonds, proses pembuatan parfum murah dan mahal pada dasarnya masih sama.

Baca juga: Panduan Memilih dan Menggunakan Parfum bagi Pria Agar Tahan Lama

Hanya saja, yang membedakan adalah kualitas bahan dan peralatan yang dipakai dalam membuat formulasi aroma.

Dia menjelaskan, untuk membuat parfum, bahan-bahan yang bersumber dari sumber sintetis dan alami harus dituang ke dalam tangki baja besar sebelum kemudian ditakar.

Berikutnya adalah fase pematangan, yang bisa memakan waktu hingga tiga minggu.

Kemudian, proses tersebut memerlukan pengenceran dalam alkohol, maserasi atau ekstraksi zat aktif tanaman, pendinginan, dan penyaringan.

Parfum mewah mahal

Pemilik merek parfum Tiziana Terenzi, Paolo Terenzi mengatakan, beberapa wewangian mewah memiliki keuntungan dengan menggabungkan bahan-bahan berkualitas tinggi ke dalam formulanya.

"Parfum mewah lebih banyak menggunakan wewangian alami yang berasal dari bunga atau rempah-rempah, daripada yang sintetis," kata dia.

Halaman:


Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X