Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2021, 13:27 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Berbelanja bahan makanan untuk beberapa hari ke depan memang menghemat waktu. Tapi, jika penyimpanannya tidak tepat sayur dan buah gampang layu dan akhirnya berakhir di tempat sampah.

Aktris dan presenter Asri Welas termasuk ibu yang senang berbelanja ke pasar untuk kebutuhan memasak satu minggu.

“Karena kesibukan aku kalau ke pasar bisa seminggu atau dua minggu sekali, belanjanya sekalian,” kata Asri dalam acara peluncuran kulkas Electrolux yang digelar virtual (20/4/2021).

Untuk memastikan bahan makanan yang dibelinya terpakai semua, Asri mengaku selalu membuat list menu sebelumnya.

“Listing menu ini untuk menghindari membuang-buang makanan dan juga lebih hemat. Masak sendiri juga mengurangi keinginan untuk jajan di luar,” papar ibu tiga anak ini.

Baca juga: Profil Asri Welas, Bintang Sitkom Suami-suami Takut Istri

Sebagai brand ambassador Electrolux, Asri mengatakan masalah penyimpanan bahan makanan segar sudah teratasi karena ia menggunakan kulkas dengan teknologi pendingin khusus sehingga sayuran, buah, serta daging dan ikan, tetap segar hingga 7 hari di kulkas.

Asri mengatakan, kebiasaan di rumahnya adalah memasak makanan untuk satu kali makan. Menurutnya, hal ini bisa membuat makanan yang disajikan lebih segar.

Karena makanan favorit anggota keluarganya berbeda-beda, Asri mengaku setiap hari masak 4-5 macam menu. Karenanya ia selalu berdiskusi tentang menu makanan yang akan disajikan.

“Kuncinya komunikasi, sehingga makanan yang dimasak juga tidak terbuang dan tidak boros,” ujarnya.

Kesegaran bahan makanan menurutnya adalah hal yang penting karena ia ingin memastikan anak-anaknya selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

“Di rumah ada tiga anak, yang dua masih balita dan punya kondisi kesehatan. Yang satu punya katarak dan satunya lagi lahir prematur, jadi perlu makanan yang bergizi tinggi,” katanya.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Asri Welas Bersyukur Punya Banyak Waktu Bersama Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com