Kompas.com - 27/04/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Stereotipe bahwa tugas utama perempuan adalah di rumah dan mengurus anak, atau tidak perlu berkarier tinggi, ditolak oleh sebagian besar perempuan. Apalagi saat ini perempuan semakin berdaya dan menjadi pemimpin. 

Sebanyak 81 persen responden yang terlibat dalam survei yang dilakukan Bank BTPN, Jenius menyatakan tidak setuju dengan stereotipe lama tentang perempuan.

Survei yang dilakukan lewat akun Instagram @JeniusConnect tersebut melibatkan sebanyak 4.354 responden perempuan berusia 20-40 tahun.

 "Mereka tidak setuju stereotype seperti, perempuan yang terlalu fokus karier, kalau enggak lajang terus, atau keluarganya tidak terurus," kata Anita Ekasari, digital banking acquisition, service, & marketing head Bank BTPN dalam acara konferensi Month of Women yang diadakan virtual pada Selasa (27/4/2021).

 "Responden juga tidak setuju dengan anggapan perempuan suka enggak pikir panjang soal pengeluaran, boros atau anggapan mengurus keluarga tidak butuh ijazah perguruan tinggi," sambungnya.

Baca juga: Klaim Atta Halilitar dan Pentingnya Kesetaraan dalam Pernikahan

Temuan lainnya adalah, sebanyak 93 persen responden setuju pentingnya perempuan  memiliki penghasilan sendiri, dan 94 persen responden ingin meneruskan karier setelah menikah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 "Ada lima tujuan finansial yang ingin dicapai perempuan, yaitu membeli aset (30 persen), financial freedom (26 persen), menyiapkan dana pensiun (18 persen), investasi (17 persen), dan tujuan lain seperti berbisnis dan melanjutkan pendidikan (9 persen)."

"Bagi perempuan yang sudah menikah, sebanyak 60 persen setuju jika perempuan yang mengatur keuangan rumah tangga," tutur Anita.

Baca juga: Wanita Karir atau Ibu Rumah Tangga, Mana yang Lebih Sulit?

Program Month of Women

Jajak pendapat ini adalah bagian dari program yang dirilis Jenius, "Month of Women" untuk merayakan International Women's Day dan Hari Kartini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X