Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 07:36 WIB

KOMPAS.com - Kulit yang terlihat cerah dan lembab atau sekarang ini disebut dengan istilah glowing, menjadi target banyak perempuan ketika merawat wajahnya.

Namun, kebanyakan masih menganggap bahwa glowing adalah kulit yang cenderung putih atau cerah.

Menurut dr. Calvin Santosa, M. Biomed, SpKK, sebenarnya istilah glowing sendiri sangat subjektif dan tidak ada di buku kedokteran.

"Sebenarnya kata glowing itu adalah bahasa media sosial. Namun, kulit glowing adalah dimana ketika tekstur dan kondisi kulit dalam keadaan baik. Jadi, glowing bisa didapatkan oleh pemilik warna kulit apa pun."

Demikian diungkapkan Calvin dalam sesi Instagram Life bersama Kind of Life dan Kompas.com, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: 11 Tips Jadikan Kulit Glowing Saat Lebaran

Untuk mendapatkan kulit yang terlihat glowing itu, tentu saja tekstur kulit harus baik, kebersihan kulit dan juga kelembabannya harus dijaga. 

"Kalau ingin kulitnya glowing bukan memakai pencerah kulit, karena itu tidak ada hubungannya dengan warna kulit," ujar dokter dari RS. St.Carolus Jakarta ini.

Terkait dengan puasa, menurut dia, tidak makan dan minum selama 12 jam saat berpuasa sebenarnya tidak akan terlalu mengganggu kulit, karena cadangan air di tubuh masih ada.

Namun, ketika berpuasa dengan asupan kalori sangat rendah, memang kolesterol dalam kulit menjadi terganggu, yang mana berfungsi untuk menjaga barrier kulit agar tidak banyak terjadi penguapan.

Untuk mengatasinya, ia menyarankan untuk menggunakan pelembap agar dapat membantu menghidrasi kulit.

Jika kulit terhidrasi dengan baik, maka kulit tetap sehat dan glowing.

Untuk mencapai kondisi kulit glowing selama berpuasa, kamu perlu tidur yang cukup, tetap berolahraga, menggunakan skincare sesuai dengan kondisi kulit, serta menjaga pola makan dengan asupan yang sehat.

Baca juga: Makanan yang Bantu Menghidrasi Kulit Selama Berpuasa

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.