Kompas.com - 04/05/2021, 08:31 WIB
ilustrasi kecoak terbang dan mengejar shutterstock.comilustrasi kecoak terbang dan mengejar

KOMPAS.com - Kita mungkin sudah tahu betapa cepatnya kecoak bereproduksi. Jika ada satu kecoak muncul di rumah, kemungkinan besar ada kecoak lain yang sedang bersembunyi di salah satu sudut rumah.

Jika kecoak sering terlihat di rumah kita, itu berarti mereka menyukai kondisinya. 

Biasanya, kecoak menempati tempat-tempat tersembunyi yang sempit dan gelap. Selain itu mereka suka bersarang dekat dengan sumber makanan serta air, dan mereka menyukai tempat yang lembab.

Jangan bayangkan sarang kecoak seperti sarang burung dengan satu tempat terlindung, namun lebih seperti "kamar berantakan" di mana beberapa kecoak berkumpul, termasuk yang mati.

Baca juga: Pasangan Ini Pindah Rumah Sampai 18 Kali karena Istri Takut Kecoak

Berikut ini adalah tips untuk mengetahui dimana tempat kecoak bersarang:

1. Gunakan lampu atau senter

Jika kondisi dalam rumah kurang terang, hidupkan semua lampu di rumah, atau bisa juga menggunakan senter sebagai alat bantu tambahan untuk menyinari beberapa tempat yang sedikit gelap.

Periksa rak-rak dapur, kamar mandi, atau beberapa sudut rumah yang berantakan.

2. Waspadai tanda-tandanya

Untuk mengetahui sarang kecoak, perhatikan kotoran kecoak di beberapa tempat di rumah yang bentuknya seperti bintik hitam kecil, seperti lada hitam.

Jika kamu melihat feses kecoak, itu tandanya di rumah terdapat banyak kecoak. Tanda-tanda lainnya adalah adanya sisa-sisa kulit atau pun sayap dari kecoak di lantai rumah.

Baca juga: Panduan Pengendalian Kecoak di Rumah ala Profesional

3. Gunakan jebakan

Untuk menemukan dan membasmi sarang kecoak, pasang jebakan lengket dari lem atau yang lainnya di area yang kamu curigai sebagai sarang kecoak.

Jika ada beberapa kecoak yang terperangkap di jebakan yang dibuat, berarti kamu telah berhasil menemukan sarang utama kecoak. Namun, jika tidak, kamu perlu mencari kembali dimana kemungkinan mereka bersembunyi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X