Kompas.com - 06/05/2021, 08:43 WIB
Ilustrasi berjemur matahari, contoh perpindahan panas secara radiasi Ingram PublishingIlustrasi berjemur matahari, contoh perpindahan panas secara radiasi

KOMPAS.com - Gelombang pandemi Covid-12 kedua mengancam Indonesia dengan peningkatan jumlah kasus yang terjadi di berbagai daerah.

Masyarakat dianjurkan untuk memperketat protokol kesehatan, termasuk dengan adanya larangan mudik menjelang perayaan Idul Fitri.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah asupan makanan dan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin D amat diperlukan tubuh untuk melawan virus corona sehingga kerap dijadikan terapi bagi para pasien Covid.

Selain itu, angka mortalitas pada orang yang terinfeksi Covid-19 lebih tinggi pada orang yang kekurangan vitamin D.

Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengalami defisiensi vitamin D. Data dari South East Asian Nutrition Surveys (SEANUTS) 2011-2012 menyatakan, hal ini terjadi pada anak Indonesia usia 2 sampai 12 tahun sebanyak 38,76 persen dan ibu hamil sebanyak 61,25 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kondisi ini dialami pula oleh 63 persen perempuan dewasa yang berusia 18-40 tahun dan 78,2 persen masyarakat pada usia lanjut.

Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang mencengangkan dengan status Indonesia sebagai negara tropis. Kita bisa mendapatkan sebanyak mungkin vitamin D dengan gratis dan mudah hanya dari paparan sinar matahari.

Baca juga: Ternyata Berjemur Pukul 12 Siang Paling Baik untuk Asupan Vitamin D

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt,menganjurkan kita untuk mengoptimalkan kadar vitamin D dalam tubuh. Caranya dengan rutin berjemur di bawah panas matahari dan konsumsi makanan bergizi.

Sebagai pelengkap dan pencegahan menghadapi kondisi pandemi yang memburuk, ia menyarankan untuk mengonsumsi suplemen guna memenuhi kebutuhan vitamin harian. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.