Kompas.com - 14/05/2021, 15:27 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Tak ada yang lebih menyebalkan dari kulit yang gatal, kering, dan juga gampang iritasi karena kulit sensitif. Namun, kulit dengan tingkat sensitivitas yang tinggi itu bisa jadi merupakan sensitized skin.

Walau terdengar mirip, tetapi kulit sensitif dan sensitized skin disebabkan oleh kondisi yang berbeda, sehingga penanganannya juga beda.

Menurut dokter kulit Teo Wan Lin, kulit sensitif merupakan bahasa awam untuk dermatitis, yaitu kondisi kulit yang disebabkan kondisi genetik seperti eksim atau dermatitis atopik.

“Pemicunya bisa karena faktor eksternal atau kontak dermatitis, seperti zat tertentu dalam produk pembersih muka yang membuat kulit kering atau juga karena alergi,” kata Wan Lin.

Baca juga: Mencegah Kulit Iritasi Gara-gara Sering Pakai Hand Sanitizer

Jika kulit sensitif cenderung genetik, sebaliknya dengan sensitized skin yang dipicu oleh faktor lingkungan.

“Sensitised skin atau kulit yang reaktif masih dianggap sebagai kulit sensitif, tetapi bereaksi pada rangsangan dari lingkungan. Rangsangan ini termasuk perubahan suhu atau tekanan di kulit akibat menggunakan sesuatu yang ketat. Bisa juga karena skincare yang tidak cocok,’ ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ciri-cirinya

Memastikan apakah kita memiliki kulit sensitif atau sensitized skin memang tidak mudah, karena gejalanya pun mirip. Tidak hanya itu, kedua kondisi ini juga berpengaruh pada skin barrier (lapisan pelindung kulit).

Baca juga: Mengenal Skin Barrier dan Pengaruhnya pada Kesehatan Kulit

Untuk lebih pasti memang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Namun, kita juga bisa berusaha mengenalinya dari gejala-gejala yang dialami.

Apakah faktor eksternal memperburuk gejalanya? Jika iya, maka kulit kamu kemungkinan termasuk reaktif. Menghindari pemicunya biasanya akan membuat gejalanya reda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.