Kompas.com - 24/05/2021, 17:27 WIB
Ristra Acne Spot Drying Treatment Dok RistraRistra Acne Spot Drying Treatment

KOMPAS.com – Jerawat merupakan masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan, terlebih di masa pandemi ini muncul fenomena baru yaitu jerawat akibat pemakaian masker alias maskne.

Jerawat tersebut masuk dalam kelompok acne mechanica, yaitu jerawat yang terjadi akibat tekanan dan gesekan.

Dijelaskan oleh dr.Vidyani Adinigtyas, Sp.DV dari Ristra Klinik Indonesia, jerawat di area wajah yang tertutup masker terjadi karena penggunaan masker dalam waktu lama akan membuat kulit lembab akibat uap udara dari nafas, suhu tubuh, dan keringat.

“Jika kulit wajah kotor dan bercampur sel kulit mati, maka akan sangat mudah menyumbat pori-pori kulit. Kondisi ini akan merangsang kolonisasi dari bakteri C.acnes di kulit. Lebih buruk lagi, gesekan masker dengan kulit juga bisa membuat iritasi yang membuat peradangan lebih parah pada area yang berjerawat,” jelas Vidyani.

Baca juga: Salah Gunakan Masker Picu Munculnya Jerawat, Ini Cara Mengatasinya

Selain rutin membersihkan wajah, penggunaan obat jerawat juga diperlukan untuk mempercepat penyembuhannya.

“Bila kulit wajah berjerawat, sebaiknya lakukan perawatan sesuai dengan kondisi wajah dan jerawat. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan produk treatment spot jerawat yang memiliki active ingredients, seperti salisil acid, benzoil peroxide, sulfur, calamine dan zinc oxide, camphor,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Obat jerawat terkini dari Ristra, yaitu Ristra Acne Spot Drying Treatment, mengandung bahan-bahan aktif yang dikenal ampuh tersebut untuk mengatasi jerawat.

Misalnya saja Salisil acid yang bekerja dengan cara eksfoliasi dari lapisan kulit teratas dan membersihkan hingga ke pori-pori.

Sulfur memiliki kandungan antibakteri dan juga zinc yang dapat menurunkan populasi bakteri C.Ances dan FFA. Sedangkan Celamine bisa mengeringkan jerawat.

Baca juga: Beda Letak Jerawat, Beda Pemicunya

Brand Manager Ristra, Marcheilla, mengatakan pengalaman Ristra dalam mengatasi masalah kulit di Indonesia sejak 1981 menjadi bekal untuk menciptakan produk yang sesuai dengan iklim tropis.

“Ristra Acne Spot Drying Treatment diformulasi khusus yang dapat melawan jerawat dan memberi hasil yang dapat terlihat hanya dengan pemakaian satu malam,” ujar Marcheilla.

Cara penggunaannya juga praktis, yaitu tidak perlu kocok botol tinggal celupkan cotton bud ke bagian endapan berwarna pink, lalu oleskan ke area yang berjerawat. Pemakaian dianjurkan pada malam hari dan dibiarkan hingga kering sampai pagi, lalu dibilas.

“Ristra Acne Spot Drying Treatment tersertifikasi halal, telah teruji klinis dan teruji secara dermatologi, aman digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk jenis kulit yang sensitif sekalipun,” ujarnya lagi.

Baca juga: Cara Atasi Bengkak Jerawat dalam Semalam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.