Kompas.com - 05/06/2021, 18:01 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kesehatan mental memiliki peran besar di dalam kehidupan kita. Selain kesehatan fisik, kita juga harus menjaga kesehatan mental agar sejahtera secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan mental tidak semudah seperti yang kita duga. Terkadang, kita harus rehat sejenak dari berbagai aktivitas yang melelahkan untuk menenangkan diri.

Cara itulah yang dilakukan oleh petenis Naomi Osaka. Ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari ajang Perancis Terbuka pada 31 Mei lalu.

Keputusannya meninggalkan lapangan tenis muncul usai ia membagikan unggahan di Instagram terkait serangan depresi yang dialaminya.

Tentu saja, langkah Osaka yang mengundurkan diri tersebut adalah hal mengejutkan di dunia tenis.

Menjelang turnamen, Osaka sempat menyatakan bahwa dirinya tidak ingin bertemu dengan pers atau bergabung dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Alasannya, pertanyaan bernada negatif yang dilontarkan kepada Osaka tentang permainannya di Perancis Terbuka memengaruhi kondisi mental dan meningkatkan kecemasannya.

Para ahli kesehatan mental memberikan pendapat terkait pengunduran diri yang dibuat Osaka.

Kecemasan dan depresi

Bagi yang tidak memahami kecemasan atau depresi, keputusan Osaka mungkin dianggap sebagai bentuk keangkuhan publik figur, apalagi dia merupakan salah satu atlet wanita dengan bayaran tertinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.