Kompas.com - 09/06/2021, 15:06 WIB
Maudy Ayunda dalam kebaya kutubaru merah rancangan Didiet Maulana instagramMaudy Ayunda dalam kebaya kutubaru merah rancangan Didiet Maulana

KOMPAS.com - Maudy Ayunda mengenakan kebaya berwarna merah merona saat wisuda di Stanford University, Amerika Serikat. Busana karya Didiet Maulana itu sukses menonjolkan kecantikan khas Indonesia aktris ayu ini.

Maudy lulus dari dua program magister sekaligus di kampus bergengsi itu, Administrasi Bisnis dan Bidang Pendidikan. Hal ini diketahui dari unggahan terbaru di akun Instagram-nya, @maudyayunda yang mendapatkan 1 juta likes dari pengikutnya.

Salah satu yang menarik perhatian adalah busana yang dikenakan Maudy dan keluarganya dalam perayaan kelulusan itu. Mereka mengenakan kebaya dan kain batik, pakaian tradisional Indonesia namun jarang ditemukan di luar negeri.

Perancang busana Didiet Maulana menjelaskan soal konsep kebaya wisuda bintang film Perahu Kertas ini. "Konsepnya menggambarkan bahwa ke mana pun kita berada, orang Indonesia selalu ingat dengan budaya, root-nya," terangnya dalam wawancara dengan Kompas.com pada Rabu (09/06/2021).

Ia berpendapat, seseorang akan menjadi pribadi yang kuat dan memiliki karakter apabila mengetahui darimana dirinya berasal. Hal yang dianggap sesuai dengan karakter wanita bernama lengkap Maudy Faza Ayunda ini.

Terlebih lagi, kebaya wisuda ini menjadi representasi dari budaya Indonesia yang dibawa ke luar negeri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda)

Sejak permulaan, Mauren Jasmedi, ibu dari Maudy, telah memilih model kebaya kutubaru untuk anaknya. Keinginan itu terungkap saat berkonsultasi beberapa bulan sebelumnya untuk mempersiapkan konsep pakaian momen istimewa keluarga ini.

Sejak awal, diputuskan merah akan menjadi warna pakaian Maudy karena selaras dengan selempang kelulusan dari kampusnya.

Didiet menambahkan, warna merah sekaligus mengingatkan tentang warna yang menggelorakan dan penuh semangat. Sejalan dengan prinsip aktris ini dalam menempuh pendidikannya.

Founder brand IKAT Indonesia itu kemudian merancang kebaya bergaya klasik yang berpotongan pendek. Sebagai akses tambahan, diberikan angkin yaitu ikat pinggang kain yang dipakai di pinggul untuk menutupi stagen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Didiet Maulana (@didietmaulana)

Didiet mengatakan, tak ada alasan khusus saat memilih model potongan kebaya tersebut. Namun gaya ini terbukti selalu berhasil membuat selebriti muda ini tampil anggun sekaligus elegan.

Ia kerapkali tampil menggunakan kebaya berpotongan serupa termasuk saat menjadi salah satu pengisi buku karya Didiet Maulana berjudul 'Kisah Kebaya'.

Baca juga: Cantiknya Isyana Sarasvati dalam Kebaya Kutubaru Karya Didiet Maulana



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X