Menjaga Mental

Kompas.com - 10/06/2021, 10:32 WIB
Menerima kelemahan diri bisa membuat kita lebih bahagia dan menjadi pribadi yang lebih baik. PEXELS/ARTEM BELIAIKINMenerima kelemahan diri bisa membuat kita lebih bahagia dan menjadi pribadi yang lebih baik.
Editor Wisnubrata

AKHIR bulan lalu Kompas menulis berita tentang besarnya angka bunuh diri di Jepang. Hal ini mengingatkan saya pada Prof. Hisanori Kato (Chuo University, Tokyo) beberapa tahun lalu ketika mampir ke Penerbit Buku Kompas.

Ia mengatakan bahwa setiap tahunnya sekitar 25.000 warga Jepang mati akibat bunuh diri.

Saya sendiri pada waktu itu kaget, bagaimana bisa orang Jepang yang maju peradabannya bisa sejauh itu?

Pak Kato mengatakan biarpun kemajuan teknologi di Jepang maju pesat, bisa jadi karena penanaman nilai-nilai religius mungkin terlihat kurang.

Berita Kompas akhir Mei 2021 menegaskan kembali bahwa sepanjang tahun 2020 telah terjadi kasus bunuh diri warga Jepang sebanyak 20.919.

Angka ini melampaui jumlah kematian akibat Covid-19 sebanyak 3.460 orang pada tahun yang sama.

Pemerintah dan masyarakat Jepang mengkhawatirkan naiknya angka bunuh diri di kalangan pelajar dan pemuda.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun 2020 ini angka kematian bunuh diri pada pelajar dan pemuda sebanyak 499 orang, naik 140 persen dibanding tahun 2019.

Penyebab utama kasus bunuh diri di Jepang akibat kesepian (loneliness). Apalagi di saat pandemi sekarang ini, mereka tidak dapat berkumpul dengan teman-teman karena pembatasan sosial. Juga tidak dapat pergi ke tempat hiburan karena ditutup.

Naiknya angka bunuh diri di kalangan pelajar dan pemuda ini, dianggap serius oleh Pemerintah Jepang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X