Kompas.com - 13/06/2021, 12:16 WIB
Ilustrasi mandi torwaiIlustrasi mandi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mandi air dingin mungkin akan membuat kita langsung merinding membayangkannya, terutama di pagi hari atau pun di malam hari. Banyak dari kita memilih mandi dengan air hangat.

Namun, sesekali kita bisa mempertimbangkan mandi dengan air dingin, karena ada beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh.

Meski begitu, mandi air dingin sebaiknya dilakukan bertahap. Menurut Bianca Beldini, seorang ahli terapi fisik di New York air dingin dapat meningkatkan rangsangan pada saraf vagus.

Saraf vagus ini berfungsi mengirimkan sinyal antara otak dan organ dalam, dan bisa menyebabkan seseorang pingsan, merasa mual, maupun kehabisan napas.

Untuk itu, sebaiknya mandi menggunakan air hangat di awal, kemudian menurunkan suhunya sedikit demi sedikit untuk memberi waktu bagi tubuh menyesuaikan diri dengan benar.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan potensial dari mandi dengan air dingin:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Air dingin dapat menenangkan kulit yang gatal

Meredakan eksim, psoriasis, kulit terbakar, atau reaksi alergi, hanyalah salah satu dari banyak manfaat mandi air dingin.

“Air dingin dapat membantu menenangkan sensasi gatal,” kata Stacy Chimento, MD, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology, Florida.

“Air dingin membantu menghilangkan rasa gatal dan menenangkan kulit yang teriritasi, sedangkan mandi air panas dapat membuat kulit lebih sensitif.”

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X