Kompas.com - 13/06/2021, 17:29 WIB
Ilustrasi membersihkan lidah Art-Of-PhotoIlustrasi membersihkan lidah
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meskipun kita termasuk orang yang rajin menyikat gigi, menggunakan benang gigi secara teratur, dan rutin mengunjungi dokter gigi, bukan berarti itu cukup untuk merawat kebersihan gigi dan mulut kita.

Kita mungkin saja melupakan satu perawatan yang dapat membantu menjaga mulut tetap segar dan sehat yakni, membersihkan lidah.

Lidah memang membantu kita dalam banyak hal seperti, berbicara, mengunyah, dan menelan. Namun, Tenika Patterson, RDH, seorang ahli kesehatan gigi mengingatkan kita bahwa lidah juga bisa menjadi sarang bakteri.

Sebagian besar bakteri tersebut adalah bakteri "jenis baik" yang menumbuhkan lingkungan yang sehat di mulut kita, sedangkan jenis lainnya dapat menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan infeksi gusi.

Jadi, membersihkan lidah penting untuk menjaga agar bakteri jahat, serta sisa-sisa makanan dan sel-sel mati yang menumpuk di sana tidak menyebabkan masalah pada mulut kita.

Cara membersihkan lidah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membersihkan lidah, kita bisa menyikat lidah dengan lembut dari belakang ke depan dengan sikat gigi dan pasta gigi.

“Tetapi tongue scraping atau mengerok lidah bisa lebih baik dalam menghilangkan plak dan bakteri dari permukaan lidah,” saran Patterson.

Penelitian menunjukkan bahwa tongue scraping dapat menghilangkan bakteri dan mengurangi bau mulut lebih dari sekedar menyikat.

Baca juga: Cegah Bau Mulut, Jangan Malas Gosok Lidah

Manfaat tongue scraping

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X