Kompas.com - 14/06/2021, 16:20 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi memberikan pengaruh besar pada tren pernikahan masyarakat Indonesia. Termasuk durasi persiapan pernikahan yang jadi jauh lebih singkat.

Pernikahan menjadi salah satu momen terpenting dalam hidup seseorang. Jadi tak heran persiapannya dilakukan dengan begitu mendetail dan terencana.

Biasanya butuh waktu setidaknya enam bulan sampai 1 tahun untuk mewujudkan pesta pernikahan impian. Waktu tersebut dipakai untuk memilih konsep, memesan venue dan berbagai aktivitas lainnya yang cukup rumit.

Namun durasi persiapan itu kini dinilai terlalu panjang dan tidak praktis selama pandemi.

Baca juga: Ingin Mencicil Persiapan Pernikahan? Ikuti Cara ini

 

Gisela Setyawan, Senior Head of Wedding Business Bridestory menjelaskan salah satu perubahan besar dalam tren pernikahan pasca pandemi adalah lamanya masa persiapan acara tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Wedding planning sekarang rata-rata di bawah tiga bulan karena perubahan kondisi pandemi," terangnya dalam virtual briefing bertemakan Tren dan Inspirasi dari Tokopedia dan Bridestory: Intimate Wedding 101 pada Senin (14/06/2021).

Berdasarkan survei yang diadakan Bridestory kepada 20.405 responden, sebanyak 31,54 persen melakukan persiapan di bawah tiga bulan. Sebanyak 19,42 persen mempersiapkan dalam jangka tiga sampai enam bulan.

Sementara 27,04 persen responden bertahan pada pola lama yakni enam sampai 12 bulan. Namun masih ada 22,03 persen yang malah butuh waktu lebih lama selama pandemi yaitu lebih dari satu tahun.

Baca juga: 5 Tren Pernikahan yang Paling Digemari di Tahun 2021

Penyebaran Covid-19 yang belum jua berakhir membuat kondisi tidak pasti, demikian pula dengan regulasi yang berlaku. Aturan dan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi terbaru.

Karena alasan ini maka calon pengantin memilih untuk menyegerakan pernikahannya dan tidak berlama-lama mempersiapkannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X