Kompas.com - 15/06/2021, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Royal jelly merupakan salah satu produk dari lebah, berupa sekresi susu yang dihasilkan oleh kelenjar lebah madu pekerja. Produk satu ini, cukup sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu.

Namun, apakah royal jelly memiliki efek samping dan aman untuk semua orang?

Malina Malkani, seorang ahli diet terdaftar mengungkapkan bahwa mengonsumsi royal jelly secara langsung atau digunakan secara topikal dalam jumlah yang tepat, umumnya aman bagi kebanyakan orang.

Risiko dan efek samping royal jelly sebagian besar berkaitan dengan fakta bahwa itu adalah produk lebah. Dan tentu orang yang alergi terhadap sengatan lebah atau serbuk sari tidak disarankan untuk mencoba suplemen ini.

"Pada penderita asma, alergi lebah, atau kecenderungan genetik untuk mengembangkan reaksi alergi, royal jelly tampaknya dapat menyebabkan peningkatan gejala alergi, beberapa di antaranya bisa parah," kata Malkani.

Menurut Frontiers in Pharmacology, reaksi alergi tersebut meliputi:

  • Asma
  • Anafilaksis, yang menyebabkan kesulitan bernapas, pembengkakan di mulut dan tenggorokan, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, dan terkadang kehilangan kesadaran.
  • Dermatitis kontak, ruam merah dan gatal yang disebabkan oleh kontak dengan sesuatu yang membuat kita alergi.

"Orang yang sedang hamil atau menyusui juga harus menghindari royal jelly, karena saat ini tidak ada cukup bukti yang dapat diandalkan untuk mengetahui apakah itu aman untuk orang yang hamil dan menyusui," ujar Malkani.

Jika kita mengonsumsi suplemen herbal tertentu atau obat resep yang mengencerkan darah atau menurunkan tekanan darah, maka kita perlu untuk mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi royal jelly.

Baca juga: 4 Manfaat Kesehatan Royal Jelly, Termasuk Menurunkan Kolesterol Lho

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.