Kompas.com - 16/06/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi Sehat dan Bahagia. ShutterstockIlustrasi Sehat dan Bahagia.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di dunia ini tidak ada pil ajaib yang membuat kita selalu sehat atau bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara instan.

Padahal semenjak pandemi Covid-19 melanda, kita sibuk mencari cara agar sistem imun atau kekebalan tubuh meningkat, supaya tidak mudah tertular atau terinfeksi.

Namun meskipun tidak ada yg instan, tetap ada cara yang sederhana, dalam arti bisa kita lakukan sendiri, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 7 Cara Sederhana Dongkrak Imunitas Tubuh di Rumah, Mau Tahu?

Sandra Darling, DO, dokter pengobatan preventif dan ahli kesehatan, memberikan beberapa strategi sederhana untuk kita terapkan agar tetap sehat dan memiliki sistem kekebelan tubuh yang kuat:

1. Fokus pada makanan yang sehat

“Saya percaya pada kekuatan makanan untuk menambah kekebalan tubuh,” kata Dr. Darling. “Memilih makanan utuh yang bukan olahan sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dr Darling merekomendasikan beberapa makanan penguat kekebalan berikut ini:

  • Bawang putih

Allicin adalah senyawa dalam bawang putih yang dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Guna mendapatkan manfaat terbaiknya, kita disarankan mengonsumsinya sekitar setengah siung bawang putih setiap hari. Namun, jika kita tidak bisa memakan bawang putih mentah, maka kita bisa memanggangnya atau menjadikannya bumbu masakan.

  • Prebiotik

Bakteri usus yang kuat dapat melindungi kita dari infeksi. Untuk itu kita perlu menjaga keseimbangan bakteri tersebut dengan prebiotik, makanan yang mengandung serat, khususnya serat inulin.

Sumber prebiotik yang sangat baik adalah pisang hijau, bengkuang dan asparagus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X