Kompas.com - 18/06/2021, 17:09 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan mengkonsumsi roti ternyata tak hanya berdampak buruk pada kenaikan berat badan. Penelitian terbaru membuktikan efeknya juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Roti tawar, bagel, baguette, croissant, canai dan berbagai jenis lainnya adalah menu makanan yang sudah akrab dengan kita semua. Meskipun bukan makanan utama, rasanya tak ada yang tidak menyukai hidangan ini.

Makan roti juga dianggap lebih praktis namun tetap mengenyangkan. Tak heran banyak anak muda yang menggemarinya sebagai makanan pokok maupun camilan.

Sayangnya, terlalu doyan makan roti ternyata bisa berefek buruk pada kesehatan. Menurut studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, kebiasaan mengkonsumsi roti dikaitkan dengan peningkatan risiko hipertensi.

Baca juga: Cara Membuat Roti Putih Jadi Menu Makanan yang Lebih Sehat

Penelitian tersebut dilakukan pada 2.011 orang dewasa dengan usia rata-rata 37,1 tahun. Hasilnya, natrium dalam jenis roti putih merupakan faktor yang berkontribusi meningkatkan tensi darah seseorang.

Peneliti menemukan, orang yang makan satu potong roti putih sekali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 1,39 kali lebih besar mengalami peningkatan tekanan darah dibandingkan yang mengonsumsi roti tiga kali atau lebih sedikit per bulan.

Sementara itu, studi tahun 2014 yang diterbitkan di BMC Public Health menyebutkan, makan dua atau lebih porsi roti per hari juga berdampak pada kelebihan berat badan atau obesitas.

Dua kondisi kesehatan tersebut sangat erat kaitannya dengan risiko hipertensi.

Jika kita memiliki tekanan darah yang tinggi atau berisiko mengalaminya, ada baiknya mengurangi porsi roti yang dimakan. Alternatifnya, bisa memilih roti gandum yang lebih sehat dan dinyatakan bebas risiko hipertensi.

Baca juga: Berapa Jumlah Karbohidrat yang Sebaiknya Dikonsumsi agar Panjang Umur?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.