Kompas.com - 24/06/2021, 12:14 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Minum kopi ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan, tidak sekadar memicu semangat sebelum beraktivitas.

Satu penelitan terbaru menyimpulkan, asupan kopi 3-4 cangkir per hari dapat melindungi organ liver dari penyakit.

Kita dapat memeroleh manfaat tersebut dengan meminum kopi berkafein atau tanpa kafein.

Baca juga: Ternyata, Minum Kopi Turunkan Risiko Gangguan Liver Kronis

Berdasarkan data dari 494.585 orang di Biobank Inggris, para peneliti menemukan, responden yang meminum kopi mempunyai kemungkinan 21 persen lebih kecil untuk mengembangkan penyakit liver kronis.

Hasil lain yang ditemukan, peserta yang mengonsumsi kopi memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk mengembangkan penyakit hati kronis berlemak.

Juga, risiko kematian akibat penyakit hati kronis pada peserta yang minum kopi menjadi 49 persen lebih kecil ketimbang peserta yang tidak mengonsumsi kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Waspadai, 4 Dampak Buruk pada Liver akibat Minum Soft Drink

"Kopi dapat diakses secara mudah, dan manfaat yang kami lihat dari penelitian kami bisa menawarkan pengobatan potensial untuk penyakit hati kronis," kata penulis studi Oliver Kennedy.

Oliver Kennedy adalah peneliti di University of Southampton, Inggris.

"Temuan ini sangat berharga di negara-negara dengan pendapatan lebih rendah dan akses yang kurang memadai ke perawatan kesehatan, dan negara di mana beban penyakit hati kronis paling tinggi."

Dari sebanyak 494.585 orang yang dianalisis dalam penelitian ini, 78 persen orang minum kopi, dan 22 persen sisanya tidak.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.