Sudahkah Kita Menyayangi Diri Sendiri?

Kompas.com - 25/06/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi menulis ShutterstockIlustrasi menulis

Oleh: Puti Andini Pradipta dan Monty P Satiadarma

KETIKA kita mengalami kegagalan ataupun kekecewaan, seperti tidak mencapai beban kerja yang diberikan, tidak mendapat nilai sesuai dengan yang diinginkan, ataupun ketika kita memaksa diri untuk terus berjuang, seringkali kita mengkritik dan menuntut diri, dan menganggap bahwa hal tersebut adalah hal wajar demi meningkatkan kemampuan kita.

Namun, seiring dengan kritikan dan tuntutan tersebut, akan muncul perasaan-perasaan negatif seperti rasa tidak mampu yang dapat merusak perkembangan diri.

Bagaimana jika sebaliknya kita memperlakukan diri sendiri seperti kita memperlakukan seorang teman dalam situasi yang sama? Apakah akan ada perbedaan?

Mungkin kita akan bersikap baik, memahami, dan memberikan semangat pada diri kita sendiri.

Baca juga: 4 Alasan Perlu Self Love di Bulan Penuh Cinta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyayangi dan peduli pada diri sendiri atau disebut self-compassion melibatkan tindakan yang sama terhadap diri sendiri ketika kita mengalami masa-masa sulit, gagal, atau menyadari sesuatu yang tidak kita sukai dari diri kita.

Alih-alih mengabaikan rasa sakit dan terus mengkritik diri sendiri, kita dapat berhenti dan mengatakan pada diri sendiri bahwa "saat ini benar-benar sulit" dan memikirkan bagaimana saya bisa menghibur dan merawat diri sendiri saat ini?

Sikap self-compassion merupakan hal penting yang seringkali luput dari perhatian kita.

Ciri utama

Orang-orang yang kurang memiliki self-compassion umumnya memiliki tiga ciri, yang pertama adalah sering mengkritik diri sendiri dan merasa bahwa dirinya selalu gagal, tidak mampu, ataupun menekan diri dengan menganggap bahwa ia seharusnya dapat melakukan sesuatu dengan sempurna.

Yang kedua adalah adanya perasaan terisolasi karena keterpurukan dan merasa bahwa hanya ia yang mengalami kegagalan.

Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Anak Gagal Masuk Kampus Idaman

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X