Kompas.com - 26/06/2021, 12:29 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat anjingmu memiringkan kepalanya ketika kita berbicara?

Tentu kita akan bertanya-tanya apakah anjing itu sedang mendengarkan, berpikir, atau memiliki maksud lain?

Tingkah laku memiringkan kepala pada anjing saat kita berbicara merupakan hal yang normal. Ini menjadi penanda bahwa kita bukanlah hewan sejenisnya, dan dia mencoba mencari tahu jenis suara apa yang keluar dari mulut kita.

Menurut para ahli, anjing memiringkan kepalanya sebagai respons terhadap suara yang tidak diketahui dan untuk mengetahui dengan lebih baik dari mana suara itu berasal.

Michael Burke, seorang komunikator hewan dan konsultan perilaku yang berbasis di Los Angeles, menjelaskan bahwa anjing belajar memahami suara dan nada yang berbeda sebagai metode komunikasinya dengan manusia.

Ketika dia mendengar nada yang berbeda dicampur dengan beberapa yang dikenal, dia akan memiringkan kepalanya saat memproses nada untuk memahami apa yang sedang diungkapkan.

Baca juga: Ternyata, Anjing Memang Lahir untuk Berinteraksi dengan Manusia

Anjing kita mungkin juga memiringkan kepalanya agar dia tidak hanya mengetahui suara apa itu, tetapi juga di mana letaknya.

“Anjing memiliki pendengaran yang luar biasa, tetapi dia dapat mengalami kesulitan menentukan arah dari mana suara itu berasal,” kata Colleen Demling-Riley, pendiri Pelatihan Anjing Pawtopia di San Diego, California.

Demling-Riley menambahkan bahwa dengan memiringkan kepala, anjing bisa mendengar suara tersebut dengan lebih jelas. Hal ini terutama berlaku untuk anjing dengan telinga floppy.

Telinga yang terkulai itu dapat meredam pendengarannya, sehingga memiringkan kepala memungkinkan anjing untuk mendengar lebih jelas.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Be Chewy
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.