Kompas.com - 28/06/2021, 11:32 WIB
Ilustrasi pulse oximeter. PIXABAY/CHARLYKUSHUIlustrasi pulse oximeter.

KOMPAS.com - Pulse oximeter adalah salah satu alat yang disarankan dimiliki oleh pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Ini merupakan alat tes yang digunakan untuk mengukur tingkat saturasi oksigen atau kadar oksigen dalam darah.

Adapun saturasi oksigen, menurut laman Verywell Health, mengacu pada berapa banyak oksigen yang dijenuhkan dalam hemoglobin. Hemoglobin adalah zat dalam darah yang mengikat oksigen untuk dibawa melalui aliran darah ke organ, jaringan, dan sel-sel tubuh.

Menurut Minnesota Department of Health, banyak orang dengan Covid-19 memiliki level oksigen rendah di dalam darah mereka. Level oksigen rendah menjadi peringatan perlunya ada perawatan medis.

Pulse oximeter bukan untuk mendeteksi apakah seseorang terinfeksi Covid-19. Namun, jika seseorang terinfeksi Covid-19, pulse oximeter dapat membantu orang tersebut memantau kondisi kesehatan mereka dan mengetahui apakah mereka butuh perawatan medis.

Ini bukan satu-satunya cara untuk mengetahui seberapa sakit orang yang terinfeksi Covid-19. Sebab, beberapa orang mungkin merasa sangat sakit padahal memiliki kadar oksigen yang baik, sementara beberapa orang lainnya mungkin merasa baik-baik saja tetapi memiliki kadar oksigen yang buruk.

Kadar oksigen mungkin rendah jika seseorang merasakan sesak napas, bernapas lebih cepat dari biasanya, atau merasa sakit untuk beraktivitas biasa, bahkan jika pulse oximeter mengatakan kadar oksigen mereka normal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 2 Alat yang Diperlukan untuk Isolasi Mandiri Covid-19

Cara membaca tingkat saturasi oksigen

Lalu, berapa saturasi oksigen normal?

Tingkat saturasi oksigen normal biasanya berada di atas angka 95 persen. Tapi, beberapa orang dengan penyakit paru-paru kronis atau sleep apnea bisa memiliki kadar saturasi oksigen normal pada kisaran 90 persen.

Tulisan "SpO2" pada pulse oximeter menunjukkan persentase oksigen dalam darah kita. Jika tingkat saturasi oksigen di bawah 95 persen, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.