Kompas.com - 29/06/2021, 09:13 WIB
Ilustrasi orang tua kesepian DGLimagesIlustrasi orang tua kesepian

KOMPAS.com - Seorang anak yang telah tumbuh dewasa tentu menginginkan untuk dapat menjalani hari-hari bahagia yang panjang bersama orangtuanya.

Namun, seiring bertambahnya usia, daya tahan tubuh manusia pun mengalami penurunan.

Hal ini mengakibatkan orangtua yang sudah memasuki usia lanjut menjadi semakin rentan terhadap penyakit yang mengancam jiwa.

Dalam peringatan Hari Keluarga Nasional yang jatuh setiap tanggal 29 Juni, Indonesia Ramah Lansia bersama Pfizer Indonesia menggelar acara diskusi publik bersama para pakar.

Baca juga: 5 Kunci Sehat dan Bahagia untuk Orang di Atas Usia 60 Tahun

Dokter spesialis paru dan pernapasan RS Pondok Indah - Pondok Indah, dr. Amira Anwar, Sp.P, FAPSR dan konselor keluarga dr. Ida Rochmawati. M.Sc., Sp.KJ(K) membagikan tiga peran penting anak dalam menjaga kesehatan orangtua.

1. Menjaga pola hidup sehat bagi orangtua

Kebersihan tempat tinggal dan pola makan yang berimbang merupakan faktor utama untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah beragam penyakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, seiring bertambahnya usia, orangtua dapat merasa terlalu lelah untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal, serta juga menyiapkan makanan yang bergizi seimbang.

“Anak dapat membantu membersihkan lingkungan tempat tinggal dan selalu memastikan asupan gizi seimbang untuk orangtua mereka."

"Ketika orangtua sudah tidak memiliki energi dan stamina untuk menjaga pola hidup yang sehat, anak dapat membantu merawat orangtua untuk memenuhi kebutuhannya."

Baca juga: Waspadai, Lansia Lebih Rentan Alami Malnutrisi

"Seperti yang telah orangtua kita lakukan kepada kita ketika beranjak dewasa,” ujar dr. Amira.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.