Kompas.com - 29/06/2021, 07:56 WIB
Ilustrasi orang tua tinggal sendirian. SHUTTERSTOCKIlustrasi orang tua tinggal sendirian.

KOMPAS.com - Memasuki usia emas yakni di atas 60 tahun, tentu lahir kekhawatiran dan tantangan tersendiri. Meskipun, hal ini juga dianggap sebagai usia terbaik dalam hidup manusia.

Oleh sebab itu, untuk memaksimalkannya, kita harus tetap berada di jalur yang tepat dalam menjaga kesehatan dan kebahagiaan, agar dapat terus memiliki usia yang panjang.

Nah, berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan supaya tetap sehat dan bahagia saat berada di usia emas.

Baca juga: Tips Mujarab untuk Para Manula Menepis Rasa Sepi...

1. Tidak mengabaikan kualitas tidur yang baik

Banyak orang lanjut usia (lansia) yang mengklaim, semakin tua mereka membutuhkan lebih sedikit tidur. Namun, pernyataan itu tidaklah benar.

Faktanya, lansia yang mengalami kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang lebih rendah sangat rentan terkena nyeri kronis, insomnia, dan kecemasan.

National Sleep Foundation juga merekomendasikan agar orang dewasa, terutama para lansia tetap mendapatkan 7-9 jam tidur berkualitas per malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini dapat mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan demensia.

2. Jangan lupa vaksinasi rutin

Pandemi Covid-19 telah mengingatkan kita bahwa semua lansia harus mengikuti vaksinasi rutin demi menjaga sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit serius, dan bahkan kematian.

Bicaralah dengan dokter tentang vaksinasi lainnya seperti flu, pneumonia, batuk rejan atau pertusis, dan herpes zoster.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkap, setiap lansia harus mendapatkan vaksin flu tahunan, terutama orang yang berusia di atas 60 tahun.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.