Kompas.com - 05/07/2021, 15:07 WIB
Dalam rangkaian HUT Bhayangkara, ribuan warga menerima vaksin Covid-19 di Taman Budaya Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pekan lalu. KOMPAS.COM/DANI JULIUSDalam rangkaian HUT Bhayangkara, ribuan warga menerima vaksin Covid-19 di Taman Budaya Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pekan lalu.

KOMPAS.com - Semakin cepatnya kemampuan virus corona varian baru dalam menyebar juga menyebabkan peningkatan jumlah orang terinfeksi ulang Covid-19 meskipun telah divaksin.

Banyak di antara pasien Covid-19 adalah orang yang telah divaksin sebagian atau telah menerima kedua dosis vaksin.

Sementara peluang seseorang terinfeksi ulang setelah vaksinnya lengkap mungkin lebih rendah, munculnya varian yang mematikan seperti varian delta membuat kita harus waspada.

Bahkan, beberapa spekulasi menyebutkan kalau varian delta ini dapat melampaui antibodi yang dihasilkan vaksin, sehingga dapat membahayakan kekebalan tubuh.

Baca juga: Perlukah Tes Antibodi Usai Vaksin Covid-19? Ini Kata Dokter

Apalagi, risiko terinfeksi ulang akan berlipat ganda bagi orang-orang yang memiliki kekebalan lemah atau menderita kondisi kesehatan yang membuat vaksin kurang efisien.

Rsiko infeksi dapat berkurang hanya ketika seseorang telah menerima dosis vaksin secara penuh dan kekebalan memang benar-benar telah terbentuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ada pula beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika kita sudah divaksin lengkap untuk mencegah risiko tertular Covid-19 kembali.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa hal yang dapat membuat kita berisiko terinfeksi ulang Covid-19 pasca-vaksinasi, seperti yang dilansir dari laman Times of India berikut ini.

Baca juga: Vaksin Covid-19 pada Ibu Hamil Juga Melindungi Janin

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.