Kompas.com - 16/07/2021, 15:43 WIB
Disinfeksi virus corona SHUTTERSTOCKDisinfeksi virus corona

KOMPAS.com - Disinfeksi penting dilakukan untuk membersihkan rumah yang dipakai pasien Covid-19 menjalani isolasi mandiri (isoman).

Langkah ini juga perlu jika ada orang sakit Covid yang sempat berkunjung ke rumah dalam 24 jam terakhir. Pembersihan menyeluruh ini guna memastikan tidak ada virus yang tertinggal di permukaan rumah kita.

Selain dua kondisi tersebut, membersihkan rumah hanya perlu dilakukan dengan mengandung sabun atau deterjen saja.

Bersihkan permukaan yang sering dipegang secara teratur setiap hari atau setelah ada orang yang berkunjung ke rumah. Misalnya meja, pegangan pintu, saklar lampu, keran wastafel dan flush toilet.

Baca juga: Ingat 4 Hal Penting Ini Saat Bersihkan Ruangan Bekas Isoman

Hal ini disampaikan oleh dokter RA Adaninggar, SpPD, dokterpenyakit dalam yang aktif dalam edukasi masyarakat, lewat akun instagramnya. Ia mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mendisinfeksi rumah yang mungkin terpapar virus.

Jika rumah pernah dikunjungi orang yang positif Covid, bersihkan rumah dengan sabun rumah tangga sebelum melakukan disinfeksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Gunakan disinfektan yang disarankan untuk Covid, baca instruksinya dan gunakan alat pelindung seperti sarung tangan dan googles (kterutama permukaan yg sering dipegang)" demikian isi unggahan tersebut.

Pastikan ventilasi berjalan dengan baik saat menggunakan disinfektan. Bukalah pintu, jendela dan gunakan kipas angin untuk membantu aliran udara.

Setelah itu, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60 persen.

Baca juga: Apakah Disinfeksi Masih Perlu Dilakukan untuk Cegah Covid-19?

Untuk area yang dipakai isoman dan pasien tidak bisa membersihkannya sendiri, keluarga bisa melakukan disinfeksi hanya bila ruangan benar-benar kotor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.