Kompas.com - 18/07/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi Penuaan Dini LuckyBusinessIlustrasi Penuaan Dini

KOMPAS.com - Penuaan dini adalah sesuatu yang dapat dikendalikan, dan beberapa kesalahan yang dilakukan sekarang, bisa menyebabkan kita tampak lebih tua sebelum waktunya.

Selain itu, kesalahan tersebut juga bisa memakan waktu bertahun-tahun dalam hidup.

Dokter spesialis kulit di Lenox Hill Hospital, Dr Bruce Robinson melihat kasus penuaan dini terjadi pada banyak orang setiap harinya.

Baca juga: 7 Makanan yang Dipercaya Bisa Mencegah Penuaan Dini

Untuk mencegah hal itu, dia pun menganjurkan kita menghindari tujuh kesalahan yang bisa mempercepat penuaan dini

1. Posisi tidur miring dan tengkurap

Selain tidur malam yang nyenyak yakni 7-9 jam per hari, posisi tidur juga dapat menentukan bagaimana kita bisa terlihat awet muda.

"Posisi tidur miring — tangan di bawah wajah saat miring — dan tengkurap sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan kerutan pada kulit yang mengakibatkan penuaan dini," kata Dr Robinson.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerutan pada kulit ini biasanya disebabkan karena gesekan kulit saat menyentuh bantal. Jika terjadi selama bertahun-tahun dapat menyebabkan wajah tampak lebih tua.

Untuk mengurangi gesekan, kita bisa menggunakan sarung bantal berbahan satin dan mengubah posisi tidur menjadi telentang.

2. Mengalami stres

Dokter Robinson mengungkapkan, stres melepaskan hormon tertentu yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan menghambat proses perbaikan kulit.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan apabila peradangan terkait stres juga menyebabkan insomnia, depresi, kecemasan, penurunan kognitif, dan penyakit alzheimer.

Baca juga: Cegah Penuaan Dini, Jangan Malas Pakai Sunscreen Tiap Hari

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.