Kompas.com - 21/07/2021, 17:42 WIB
Kombinasi masker ganda yang dianjurkan adalah masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar. SHUTTERSTOCK/STOCKPEXELKombinasi masker ganda yang dianjurkan adalah masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar.

KOMPAS.com - Munculnya Covid-19 varian baru yang lebih cepat menular, membuat kita semakin berisiko tinggi terhadap infeksi virus corona.

Selain melakukan vaksinasi Covid-19, kita juga tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan (prokes), terutama memakai masker guna meminimalisir terjadinya penularan.

"Memakai masker adalah salah satu langkah paling ampuh yang dapat kita ambil — bersama dengan menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak sosial — untuk menghentikan penyebaran virus corona di komunitas kita."

Demikian penuturan profesor mikrobiologi molekuler dan imunologi di Johns Hopkins School of Public Health, Andrew Pekosz, PhD.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak lagi alasan penting mengapa kita harus selalu memakai masker di tengah meluasnya Covid-19 varian baru, simak poin-poin berikut ini, seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest.

Baca juga: Inmendagri PPKM Level 4, Masyarakat Diminta Pakai Masker Jenis Ini

1. Tingkat infeksi dan kematian lebih rendah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah studi baru-baru ini membandingkan tingkat kematian di negara-negara di mana orang diharuskan memakai masker dengan negara-negara di mana masker adalah pilihan.

Perbedaannya pun terlihat sangat mencolok. Tingkat kematian meningkat rata-rata 43 persen setiap minggu di negara di mana orang tidak diharuskan memakai masker. Sementara peningkatannya hanya 2,8 persen di negara-negara yang mewajibkan masker.

2. Mencegah penularan dari orang sakit tanpa gejala

Dibutuhkan rata-rata lima hari (terkadang hingga 14 hari) bagi orang yang terinfeksi Covid-19 untuk menunjukkan gejala.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.