Kompas.com - 22/07/2021, 20:04 WIB
Sering kelelahan bisa jadi merupakan tanda daya tahan tubuh sedang lemah. FREEPIK/FREEPIK.DILLERSering kelelahan bisa jadi merupakan tanda daya tahan tubuh sedang lemah.

KOMPAS.com - Di masa pandemi ini semua orang berisiko tinggi terpapar Covid-19. Untuk itu, kita sangat dianjurkan menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan baik dan melakukan vaksinasi.

Selain itu, kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh dari dalam dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui makanan, olahraga, dan tentunya tambahan multivitamin atau suplemen.

"Menambahkan suplemen ke dalam rutinitas sehari-hari dapat mencegah penularan virus bagi yang belum terinfeksi Covid-19. Namun juga dapat mempercepat penyembuhan bagi yang sudah terinfeksi."

Demikian penuturan dokter spesialis penyakit dalam, Dr Tities A. Indra, SpPD saat virtual press conference bersama Hemaviton, Kamis (22/7/2021).

Meski sumber vitamin dapat kita temui secara alami pada beberapa makanan, tetapi menurut Tities, makanan saja tidak cukup memberikan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Baca juga: 4 Jenis Vitamin Penting Saat Isoman, Bisa dari Makanan Alami

Tities menjelaskan bahwa ada banyak vitamin yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi ini. Tetapi dia hanya merekomendasikan tiga suplemen vitamin penting yang bisa dikonsumsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun tiga suplemen penting tersebut dapat kita ketahui lebih lanjut sebagai berikut ini.

1. Vitamin C

Vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat antara lain menurunkan inflamasi dari kandungan antioksidan, memengaruhi imunitas seluler, hingga mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki sel tubuh.

"Pada kondisi pasien Covid-19, pemberian suplemen vitamin C dapat meredakan inflamasi, stres oksidatif, sepsis, dan meningkatkan imunitas," terangnya.

Baca juga: Ketahui 2 Tanda Bahaya Pasien Isoman, Segera Bawa ke Rumah Sakit!

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.