Kompas.com - 24/07/2021, 19:44 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Orang introvert sering disalahartikan sebagai pemalu, sehingga orang di sekelilingnya sering bingung bagaimana cara berinteraksi dengannya. Terlebih di dunia kerja yang membutuhkan kerja tim.

Padahal, introvert berbeda dengan pemalu. Ada berbagai macam introvert. Memang, ada yang pemalu, Namun, ada juga yang hobi tampil di depan umum tapi tetap membutuhkan waktu sendirian untuk "mengisi" energi mereka, seperti Amy Schumer dan Oprah Winfrey.

Berbeda dengan para ekstrovert yang mendapatkan energi saat berada di tengah orang lain, para introvert justru mendapatkan energi saat mereka sendirian.

Memang ada introvert yang takut akan situasi di mana mereka harus berinteraksi dengan orang yang tidak mereka kenal atau tidak tahu cara bagaimana harus bersikap di depan umum.

Baca juga: Introvert dan Ingin Cari Teman Baru? Begini Caranya

Ciri utama introvert adalah merasa lebih fresh dan fokus saat sendirian. Mereka juga lebih suka bekerja dalam keadaan tenang dibanding dikelilingi rekan kerja di kantor yang sibuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjadi introvert bukan hal buruk. Namun, mungkin kita butuh cara "khusus" untuk bertahan di dunia kerja yang sibuk dan menghisap banyak energi.

Nah, bagaimana caranya?

Berikut tips agar para introvert bisa bertahan di dunia kerja, seperti dilansir dari The New York Times.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Burnout, Tak Selalu Berhenti Kerja

Ketahui dan tetapkan batasan

Batas diperlukan dalam menjalin hubungan sehat dengan pekerjaan kita, terutama bagi para introvert. Sebagai seorang introvert, mungkin kita akan merasa lelah saat mengikuti terlalu banyak rapat tanpa henti yang membuat kita kehilangan privasi.

Belum lagi suara keras, cahaya terang, dan pekerjaan yang menyita waktu pribadi kita di malam hari atau akhir pekan. 

Halaman:


Sumber NY Times
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.