Kompas.com - 07/07/2021, 07:56 WIB
Ilustrasi burnout kerja. UNSPLASH/TIM GOUWIlustrasi burnout kerja.

KOMPAS.com - Burnout adalah situasi di mana seseorang mengalami kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan.

Menurut Help Guide, burnout dapat mengurangi produktivitas dan menguras energi, membuat kita merasa semakin tidak berdaya, putus asa, dan kesal.

Efek negatif dari burnout dapat meluas ke setiap bidang kehidupan, termasuk rumah, pekerjaan, dan kehidupan sosial.

Burnout juga bisa menyebabkan dampak jangka panjang pada tubuh yang membuat kita rentan mengalami penyakit.

Kondisi psikologis kronis ini dipicu oleh sejumah faktor, termasuk workload atau beban kerja, kurangnya kontrol, merasa tidak diapresiasi, lingkungan kerja yang toksik, hingga pekerjaan yang tidak sesuai dengan nilai pribadi.

Mengetahui penyebab dan tanda burnout dapat membantu kita mengenalinya dan mencari potensi solusinya.

Baca juga: Beda dengan Stres, Kenali Penyebab dan Tanda Burnout

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laman Inc. membagikan sejumlah cara mengatasi burnout yang dapat dipraktikkan. Solusinya ternyata tak harus berakhir dengan berhenti kerja.

1. Menjadi lebih "egois"

Psikolog Abraham Maslow menjelaskan pada 1943 bahwa seorang individu hanya akan bahagia jika mampu mengekspresikan dan meraih potensi dirinya yang terbaik. Dia menyebutnya sebagai aktualisasi diri.

Dengan kata lain, selalu merespons permintaan orang lain dengan jawaban "ya" meskipun diri kita sebetulnya tak merasa "sreg" dapat memicu terjadinya burnout.

Itulah mengapa perusahaan seperti Google dan Facebook mendorong karyawannya untuk berpartisipasi dalam proyek passion dan hackaton, yakni untuk membiarkan mereka mengejar sesuatu yang mereka sukai.

Halaman:


Sumber Inc.
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.