Kompas.com - 28/06/2021, 09:05 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. FREEPIK/KATEMANGOSTARIlustrasi wawancara kerja.

KOMPAS.com - Wawancara kerja memang menjadi momen yang menegangkan bagi sebagian orang. Apalagi jika pewawancara menanyai perspektif kita tentang hal-hal tertentu.

Salah satunya adalah menyampaikan kelebihan dan kekurangan diri kita.

Nah, sebelum menyiapkan jawabannya, ketahui dulu apa tujuan kebanyakan pewawancara menanyakan hal ini.

Menurut pelatih karir dari Muse sekaligus pendiri Loft Consulting, Angela Smith, wawancara kerja dilakukan untuk lebih mengenal seseorang yang akan bergabung dengan perusahaan tersebut.

Ia memahami bahwa sebagian orang merasa canggung dengan pertanyaan tersebut. Namun, itu adalah cara untuk mengenal lebih jauh tentang diri pelamar kerja sehingga pewawancara dapat mengambil keputusan terbaik.

Namun, kelebihan dan kekurangan seseorang sebetulnya tak terlalu berarti jika dibandingkan dengan bagaimana pelamar kerja berbincang dengan pewancara.

Sebab, pewawancara akan mengevaluasi lebih dalam daripada sekadar kelebihan atau kekurangan yang disebutkan. Mereka mencoba memahami akan menjadi karyawan seperti apa orang yang mereka wawancarai tersebut dan bagaimana orang tersebut akan menjalankan perannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau untuk saya: apakah mereka jujur? Apakah mereka punya kesadaran diri? Bisakah mereka bersikap profesional dan dewasa? Apakah mereka adalah seeseorang yang bisa kami ajak berkembang?"

"Bagaimana mereka merespons wawancara sangat memberi tahu kami tentang semua pertanyaan semacam itu dan semuanya penting," kata dia.

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri saat wawancara kerja? Melansir the Muse, Smith membagikan lima tips wawancara kerja berikut:

Halaman:


Sumber The Muse
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.